Peluncuran sistem operasi Windows 8 oleh Microsoft telah memprovokasi lahirnya inovasi menarik di kalangan produsen laptop dunia setelah lebih dari 1 dasawarsa terakhir tidak ada inovasi signifikan. Kebutuhan pengguna untuk bekerja, bermain dan selalu terhubung dengan sebuah perangkat yang ringkas, cepat dan baterai tahan lama menjadi inspirasi produsen untuk merancang desain laptop terintegrasi dengan tablet yang dikenal dengan convertible laptop. Inilah mereka..

 Samsung ATIV Smart PC & HP Envy X2

Konsep desain Convertible laptop dari Samsung sebenarnya sudah pernah diwujudkan oleh Asus pada produk Asus Transformer yang menggunakan sistem operasi Android beberapa waktu sebelumnya dengan ukuran layar yang sedikit lebih kecil di mana ukuran layar Samsung ATIV Smart PC adalah 11.6-Inch sedangkan layar Asus Transformer berukuran 10.1-Inch.

Samsung ATIV Smart PC pernah ditawarkan di Indonesia secara terbatas pada bulan Desember 2012 lalu dengan harga Rp9 juta-an. Produk ini sempat kosong selama beberapa minggu menjelang libur panjang Natal 2012 dan tahun baru 2013 namun kabar terakhir yang GadgetGaul.com peroleh produk ini akan kembali tersedia pada minggu ke-2 atau ke-3 Januari 2013.

Serupa dengan Samsung, HP pun menelurkan sebuah convertible laptop dengan konsep desain serupa yang mereka beri nama Envy x2. Sepanjang pengamatan GadgetGaul.com hingga kini, HP Envy x2 belum masuk Indonesia dan kami belum memiliki informasi mengenai kapan convertible laptop buatan HP ini tiba secara resmi di Indonesia.

Sony VAIO Duo & Toshiba Satellite U925t

Sony dan Toshiba memiliki desain convertible laptop yang kurang lebih sama yakni dengan konsep sliding.

Sepanjang pengamatan GadgetGaul.com hingga saat tulisan ini dipublikasikan, Toshiba Satellite U925t belum masuk ke Indonesia secara resmi dan kami pun belum memegang jadwal kapan convertible laptop buatan Toshiba akan mulai dipasarkan di tanah air. Sementara Sony VAIO Duo sudah resmi masuk ke Indonesia dan dipasarkan dengan harga Rp13.259.000.

Lenovo Yoga

Konsep desain convertible laptop dari Lenovo yang memungkinkan layar diputar 360 derajat tidak lepas dari adaptasi kemampuan desain yang telah mereka miliki sebelumnya yakni membuat laptop dengan layar yang dapat sejajar dengan keyboard (180 derajat). Lenovo Yoga 13-Inch sudah masuk ke Indonesia pada minggu ke-2 Januari 2013 yang kemudian dibanderol dengan pilihan harga Rp12jt (Core i5) dan Rp12.89jt (Core i7).

Asus Taichi


Konsep desain convertible laptop dari Asus dengan 2 buah layar sentuh full HD (depan dan belakang) yang dapat digunakan secara bersamaan menimbulkan kekhawatiran akan mengakibatkan penggunaan daya listrik yang sangat besar hingga baterai Asus Taichi hanya dapat bertahan sebentar tanpat terhubung dengan stop kontak listrik. Asus menjawab kekhawatiran tersebut dengan klaim baterai Taichi dapat bertahan hingga 5 jam saat memainkan video resolusi HD 720p.

Asus Indonesia telah meluncurkan Taichi pada 10 Januari 2013 silam dan akan mulai tersedia di toko-toko mulai akhir Januari 2013 mendatang. Harga yang ditawarkan untuk sebuah Asus Taichi adalah US$1,699 atau sekitar Rp16jt-an.


Dell XPS 12

Konsep convertible laptop dari Dell adalah dengan membuat layar sentuh berukuran 12.5-Inch yang dapat diputar ke depan dan belakang dengan memberikan poros pada bagian tengah kiri dan kanan bingkai layar. Dell XPS 12  dengan prosesor Core i5, RAM 4GB dan SSD 128GB telah hadir di Indonesia mulai Desember 2012 silam dengan harga US$1,299 atau sekitar Rp12.9juta.

Mana konsep convertible laptop yang paling menarik buatmu, gadgeteers?Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.