Jika kita bertanya kepada banyak orang mengenai bagaimana konsep ponsel atau tablet masa depan maka kita akan menemukan kebanyakan jawaban mereka adalah ponsel atau tablet yang transparan dan dapat ditekuk. Beberapa vendor ponsel dunia memang sudah pernah merilis ponsel transparan namun bukan ponsel dengan layar sentuh dan tidak bisa ditekuk. Sayangnya ponsel-ponsel transparan tersebut tidak pernah menjadi sepopuler iPhone atau Samsung Galaxy.

Perkenalkan Graphene, sebuah substansi yang terdiri dari karbon murni di mana lapisan atom-atomnya tersusun dengan pola hexagonal mirip dengan graphite (bahan dasar pensil). Tahun 2010 Andre Geim dan Konstantin Novoselov dari University of Manchester berhasil memperoleh penghargaan nobel Fisika atas keberhasilannya melakukan eksperimen pertama kali untuk mengisolasi graphene dengan menggunakan solatip pada tahun 2004.

Beberapa hari lalu Nokia mengumumkan bahwa mereka telah menerima hibah dari Uni Eropa senilai US$1.35 milliar (sekitar Rp13 triliun) untuk melakukan riset dan pengembangan terhadap graphene dalam 10 tahun ke depan dengan menggandeng akademisi dan kalangan industri untuk bersama-sama mencari cara mengkomersialisasikan graphene demi pertumbuhan ekonomi. CTO Nokia Henry Tirri mengaku bahwa mereka telah mulai melakukan penelitian dan pengembangan terhadap graphene sejak tahun 2006 silam.

 Apa hebatnya Graphene?
1) Material paling tipis di dunia saat ini.
2) Material paling ringan di dunia saat ini.
3) Material paling keras di dunia saat ini mengalahkan berlian.
4) Material paling kuat di dunia saat ini, ratusan kali lebih kuat dibandingkan dengan baja.
5) Transparan.
6) Fleksibel (Baca : Dapat ditekuk).
7) Konduktor listrik yang jauh lebih baik dari tembaga.

GadgetGaul percaya Gadgeteers sudah mulai mengkhayal bagaimana bentuk graphene dapat digunakan untuk membuat gadget masa depan. Mari kita langsung saksikan saja #VideoSunday kita kali ini tentang apa itu graphene dan manfaatnya bagi kehidupan manusia di masa depan :

 

 

                                                                                                                                                                                                                 
featured image via wikipedia
Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.