Setelah ditunggu-tunggu oleh para pengguna Nokia Lumia, akhirnya update Nokia Lumia Amber diluncurkan oleh Nokia secara global. Update ini dibuat berdasarkan update Windows Phone 8 GDR2 yang sebelumnya sudah dikeluarkan oleh Microsoft. Ada beberapa hal eksklusif yang dikembangkan oleh Nokia.

Pertama, Nokia menyematkan aplikasi yang bernama Smart Camera. Aplikasi ini awalnya digunakan di dalam Nokia Lumia 925 dan setelah update Amber akan tersedia untuk seluruh tipe Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone 8. Selain itu, Nokia Lumia tipe high-end seperti Lumia 920, 925, dan 928 juga akan mendapatkan update aplikasi Pro Camera yang sudah lebih dulu tertanam di Lumia 1020.

Tidak hanya aplikasi, update Amber juga memberikan perbaikan pada beberapa fitur kamera, seperti noise reduction, color renderingexposure metering, dan autofokus yang lebih baik pada seluruh Nokia Lumia berbasis Windows Phone 8. Untuk tipe Lumia 920, akan mendapatkan pilihan ISO yang lebih banyak, dari 800 hingga 3200. Sepertinya, Nokia memang serius untuk fokus mengembangkan mobile photography mereka. Jadi buat kamu para fotografer, smartphone Nokia Lumia adalah salah satu gadget yang wajib kamu miliki! 😀

Tidak hanya dari segi fotografi, tetapi juga ada beberapa update yang cukup penting namun tidak termasuk dalam paket update tersebut.  Contohnya adalah Nokia Video Trimmer dan Nokia Video Upload. Dengan kedua aplikasi ini, gadgeteers dapat mengedit video dan membagikannya ke media sosial dengan cara yang lebih mudah. Di deretan aplikasi HERE buatan Nokia, juga akan mendapatkan update yang cukup signifikan. Pengguna tidak perlu meng-update map secara keseluruhan, cukup dengan perubahannya saja. Tentunya ini akan menghemat paket data dan waktu unduh.

Nokia Glance Screen juga hadir melengkapi semua tipe Nokia Lumia Windows Phone 8 kecuali Lumia 620. Fitur ini memungkinkan notifikasi yang masuk ditampilkan pada lockscreen. Lalu ada juga beberapa gestures baru, seperti double tap pada layar untuk menyalakan ponsel dan flip to mute untuk mematikan nada dering panggilan masuk. Ada satu fitur lagi yang mungkin tidak terlalu penting namun dibutuhkan oleh sejumlah pengguna, yakni Radio FM. Sekarang kamu bisa dengerin radio di Nokia Lumia kamu. Namun sayangnya, lagi-lagi Lumia 620 tidak kebagian fitur ini.

Untuk melakukan update,  kamu tinggal buka Settings dan pilih Phone Update. Kalo kamu masih bingung, Nokia dengan berbaik hati mencontohkannya di dalam video di bawah ini:

Update akan tersedia dahulu untuk Lumia 920 dan 820. Lalu menyusul berikutnya untuk tipe lainnya seperti 720, 620, dan 520, tergantung dari negara/region. Update ini akan berlangsung hingga akhir September 2013. Gadgeteers pengguna Nokia Lumia, jangan lupa rajin-rajin mengecek phone update kamu ya!

Gambar via gsmarena.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr