Tahun 1993, jauh sebelum zaman internet dial-up dikenal di Indonesia, cikal bakal Bhinneka.com bermodalkan uang Rp100 juta memulai usaha dari rumah kecil di sebuah gang di Jakarta dengan menjual produk teknologi dan mesin cetak format lebar. Setelah krisis ekonomi usai pada tahun 1999, mereka mulai masuk ke bisnis online dengan 12 orang karyawan dan membuka cabang pertamanya di Mangga Dua Mall pada tahun 2001.

Dengan 50.000 produk yang terbagi dalam 36 kategori, di sepanjang tahun 2013 Bhinneka.com berhasil meraih omset lebih dari Rp600 milliar, 165.000 pengunjung/hari (20% mobile), 25 juta pageviews/bulan dan masuk 60 besar situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Kini jumlah karyawan telah mencapai 532 orang dengan fasilitas kantor seluas 5.000 meter persegi. Penjualan PC & laptop masih memberikan sumbangan terbesar (17%) bagi omzet Bhinneka.com.

Bhinneka-21-DanielTumiwa-GG
Hanya 1% dari 165.000 pengunjung Bhinneka.com yang melakukan transaksi online dan setengah dari mereka yang berbelanja itu masih memilih pembayaran melalui transfer bank (termasuk COD) sementara frekuensi pembayaran dengan BCA KlikPay / Mandiri ClickPay dan kartu kredit mengikuti di belakangnya. Sebagian pembeli tampak masih enggan untuk belajar metode pembayaran online yang masih relatif baru dan sebagian lagi masih meragukan keamanan data pribadi yang mereka berikan saat belanja online.

Pada tahun 2014 Bhinneka.com berharap omzetnya dapat tumbuh double digit. Untuk mencapai hal tersebut mereka akan melakuan ekspansi ke Bandung, Surabaya dan Jogja dengan membangun store dan distribution center. Selain itu tahun ini mereka juga sedang mempersiapkan marketplace yang memungkinkan UMKM untuk berjualan online di situs Bhinneka.com. Sebagai catatan, Bhinneka.com telah menyediakan layanan iklan baris online (Bursa Bhinneka) sejak beberapa tahun yang lalu.

Bhinneka-21-Tumpeng-GG
Selain tampilan web yang akan berubah, situs Bhinneka.com tahun ini akan dibuat dengan lebih cerdas. Jika sebelumnya seorang pengunjung melihat produk-produk fotografi maka pada kunjungan selanjutnya situs Bhinneka.com akan menampilkan produk-produk fotografi terlebih dahulu sebelum produk lainnya. Peningkatan interaktivitas web juga akan dilakukan agar dapat mengenali pengunjung situs.

Penasaran? Jika tidak ada halangan, Bhinneka.com menjanjikan perubahan tersebut akan mulai terlihat pada Bulan April 2014.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.