Twitter memberikan kejutan besar bagi penggunanya tak terkecuali di Indonesia, yakni berupa tampilan baru yang memang secara signifikan mengubah total wajah Twitter, seperti tipografi baru, ikon yang lebih bulat dan lebih banyak white space sehingga lebih rapi dan lebih adem di mata.

Peluncuran ini sendiri sebenarnya sudah diantisipasi sejak beberapa bulan yang lalu menyusul masuknya pengembangan desain baru Twitter ke fase beta kendati hanya teruntuk pengguna terbatas. Setelah memperoleh umpan balik yang dianggap positif, Twitter baru akhirnya berani menggulirkan perubahan ini ke pengguna publik.

Dalam pembaruan ini, Twitter mengubah desain secara menyeluruh di seluruh platform tidak cuma Android dan iOS, tapi juga mencakup ke TweetDeck, Twitter Lite, dan Twitter.com untuk mengakses melalui peramban. Jadi, pengguna iOS kini pun akan merasakan sendiri interface seperti yang dijumpai di Android dan platform lainnya, seperti menu navigasi samping dan jumlah menu tab yang dipangkas di bagian bawah.

tampilan twitter baru

“Anda menyukai perubahan desain ini di Android tahun lalu, maka kami membawanya ke iOS,” tulis VP User Research & Design Twitter, Grace Kim, dalam sebuah posting berisi pengumuman Jumat (16/6/2017).

Perubahan lainnya ada di peramban internal Twitter iOS yang kini digantikan oleh Safari View Controller yang dilengkapi fitur autofill, content blocking dan reader view. Proses percakapan di Twitter juga dapat dipantau secara real-time di semua platform, bagaimana tweet diupdate secara instan ketika memperoleh jawaban, retweet ataupun suka. Elemen visual ketika membalas komentar juga dibuat lebih menarik berupa conversation bubble yang dianggap memberi pemahaman yang lebih mudah kepada pengguna baru.

tampilan twitter baru_2

Jadi Trending Topic

Tatap muka baru Twitter langsung menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Tentu dengan berbagai respon, ada yang menyambut baik perubahan tersebut tapi tak sedikit pula yang lebih menyukai rancangan yang lawas.

via Theverge.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.