Sekarang ini, banyak cara untuk dapat membuka kunci pada ponsel, dari nomor PIN sampai menggunakan sensor sidik jari pun dapat digunakan. Namun rasanya, yang paling menarik adalah menggunakan E-KTP. Percaya tidak percaya, ponsel Gadgeteers dapat terbuka kuncinya dengan menggunakan E-KTP.

Hal itu dapat Gadgeteers lakukan pada ponsel berfitur NFC atau Near Field Communication. Mungkin bagi mereka yang tidak mengetahui apa fungsi dari fitur NFC ini, akhirnya dapat memanfaatkannya bukan? Nah, dengan memanfaatkan fitur NFC tersebut, E-KTP bisa dijadikan sarana untuk membuka kunci pada ponsel.

ternyata-e-ktp-dapat-digunakan-untuk-membukat-kunci-smartphone

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah. Pertama, pastikan dahulu fitur NFC sudah aktif. Setelah itu, masuklah ke dalam menu setting lalu akses security dan akhirnya ke dalam smart lock. Bila smart lock dalam ponsel Gadgeteers belum aktif, silahkan aktifkan terlebih dahulu dalam menu setting-security-trusted agents.

ternyata-e-ktp-dapat-digunakan-untuk-membukat-kunci-smartphone2

Setelah itu, dalam menu smart lock tadi, Gadgeteers silahkan pilih NFC pada sub-menu trusted device. Setelah itu, tempelkan saja E-KTP ke NFC. Tunggu sampai berhasil dan Voilà setelah berhasil smartphone Gadgeteers dapat dibuka dengan menggunakan E-KTP.

Memang cara menggunakan E-KTP ini cukup rumit. Tetapi untuk keamanan yang maksimal, tidak ada salahnya bukan?

via JalanTikus.com
featured image via cloudfront.net
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com