Pernah merasa kulitas suara di gadget terasa kurang memuaskan? Atau sudah beli headset baru yang mahal  tapi setelah dipasang ke gadget suaranya menjadi kecil? Atau mungkin ada keluhan lain terkait kualitas suara yang dihasilkan di gadget anda. @GadgetGaul akan memberikan tips-tips dalam mengoptimalkan kualitas suara gadget.

Harap diperhatikan, tips yang akan diberikan adalah untuk penggunaan headset atau earphone, bukan speaker gadget dan colokan audio harus colokan 3.5mm.

1) Pemilihan file lagu
Pemilihan file lagu berarti jangan asal memilih file lagu, pilihlah lagu dengan bitrate minimal 128kbps. Di bawah itu biasanya suaranya menjadi pecah dan tidak beraturan

2) Pakai equalizer
Equalizer digunakan untuk mensetting tata suara audio. Anda dapat memperbesar atau memperkecil berbagai detail suara. Hanya tinggal gunakan intuisi saja untuk mendapat suara sesuai keinginan. Usahakan cari software yang pengaturannya bisa dilakukan secara manual. Jika kebetulan menggunakan OS Android, Blackberry, ataupun iOS, banyak variasi software equalizer yang dapat didapatkan di dalam store dari masing-masing produk.

3) Upgrade headset atau earphone
Sudah melakukan kedua tips diatas tapi masih terasa ada yang kurang? Mungkin sudah saatnya anda upgrade headset. Ada banyak jenis yang bisa dipilih, mulai dari earbud, IEM (In Ear Monitor), atau mungkin sekalian upgrade ke headphone. Hargapun bervariasi dari murah sampai mahal. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Dan pastikan sebelum membeli ada baiknya di tes terlebih dahulu. Jangan terpaku pada spesifisi, percayalah pada apa yang kamu dengar.

Pada saat pengetesan, setel equalizer di level 0 atau standar. Ini untuk mengetahui seberapa jauh performa headset.

Untuk earbud dan IEM bisa dipilih antara yang sudah termasuk mic atau yang tanpa mic

HeadsetEarphone-GG

4) Menggunakan Headphone Amplifier
Baru membeli headset yang relatif mahal yang katanya bagus, tapi begitu dipasang suara malahan kecil? Masih lebih bagus headset bawaan.

Mungkin yang anda alami, kekuatan sound card gadget anda tidak mampu untuk mengangkat headset baru . Sudah beli headset mahal-mahal sayang dong kalau tidak terpakai. Tenang saja, solusinya membeli portable headphone amplifier.

Portable hedphone amplifier pada dasarnya berfungsi memperkuat volume suara. Selain itu ada beberapa fitur yang biasanya tertanam seperti penambahan sound stage, clarity, dan bass. Bentuknya bervariasi, ada yang sangat portable ada juga yang relatif besar.

HeadphoneAmplifireGG

Tips tambahan: Mendengarkan suara keras secara berlebihan dapat merusak pendengaran secara permanen, atur volume sewajar mungkin dan berikan telinga untuk istirahat setidaknya satu jam sekali

Nicholaus YanuarNicholaus-Yanuar-GG
Tertarik dengan elektronik sejak lama. Terutama untuk bidang teknologi informasi, khususnya mengenai perkembangan dunia gadget. Saat ini bekerja di IndoWebSTORE.com, sebuah toko komputer online yang berlokasi di daerah Mangga Dua, Jakarta. Kamu bisa menghubungi penulis melalui akun Facebook @Nicholaus Yanuar

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.