Perkembangan smartphone yang canggih membuat orang-orang menggunakan smartphonenya untuk berbagai macam kegiatan. Dengan kamera yang jernih, banyak orang menggunakan smartphonenya untuk kegiatan fotografi kasual. Selain itu, tidak jarang orang menggunakan smartphonenya sebagai pemutar musik di kala senggang.

Tentunya kedua hal tersebut akan mengharuskan kita untuk menyediakan media penyimpanan yang tidak sedikit, apalagi jika kita termasuk orang yang suka menjepret gambar dengan resolusi tinggi, merekam video resolusi high definition, ataupun menyimpan berbagai macam lagu dengan format lossless. Nah, penulis memiliki beberapa tips bagi Anda yang akan membeli microSD untuk smartphone kesayangan.

1. Memilih kapasitas sesuai kebutuhan
Ada banyak pilihan kapasitas dari microSD yang beredar di pasaran. Mulai dari 4GB hingga 64GB. Pilihlah kapasitas sesuai yang Anda butuhkan. Saat ini, minimal kita menggunakan microSD dengan ukuran 8GB. Namun, akan lebih enak jika kita menggunakan ukuran yang lebih besar seperti 32GB atau 64GB karena kita tidak akan tahu apa saja yang akan kita simpan di masa yang akan datang.

Akan tetapi satu hal yang perlu diingat, jangan lupa melihat dukungan kapasitas microSD yang bisa digunakan oleh smartphone Anda. Mayoritas smartphone memiliki dukungan hingga 32GB, namun pada smartphone high-end dapat menggunakan hingga 64GB.

2. Perhatikan class dari microSD yang akan dibeli
MicroSD memiliki tingkatan yang menentukan seberapa cepat dia dapat dibaca maupun ditulis. Tingkatan ini biasa disebut dengan class. Ada beberapa macam class yang beredar di pasaran, yakni class 2, 4, 6, dan 10. Semakin tinggi class nya, maka semakin cepat kecepatan baca/tulis dari microSD tersebut.

Hal ini sangat berpengaruh ketika Gadgeteers membuka gallery yang penuh dengan gambar dan video, semakin kencang kecepatan bacanya, maka semakin cepat pula gambar/video dapat dibuka. Beberapa merek terkenal juga memiliki edisi UHS atau Ultra High Speed, di mana kecepatannya melebihi microSD class 10.

3. Pilihlah merek yang terjamin
Konsumen akan dibingungkan dengan berbagai macam merek yang beredar di pasaran. Namun hati-hati, tidak semua merek memiliki kualitas dan durabilitas yang baik. Sebaiknya cek dulu ulasan dari tipe dan masing-masing merek. Jangan lupa, pepatah “ada harga ada rupa” juga berlaku di sini.

Sumber gambar: aria.co.uk

Artikel Lain yang mungkin Berguna:

 Tips Memilih MicroSD Yang Tepat

Tentang Askar Juara

Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr