Game kini tidak hanya terbatas pada konsol dan PC saja. Seiring perkembangan teknologi ponsel pintar, banyak developer yang membuat game ponsel. Tentu saja, sama seperti komputer, ada beberapa hal seperti prosesor dan RAM yang harus diperhatikan ketika akan memainkan game di ponsel.

Karena itu, coba ikuti beberapa tips ini ketika akan membeli ponsel untuk keperluan bermain game.

Kenali prosesornya

Prosesor adalah otak dari ponsel pintar. Karena itu, bagian ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Untuk chipset, saat ini bisa dikatakan Qualcomm dan Mediatek lah juaranya. Chipset unggulan Qualcomm saat ini adalah Snapdragon 821 quad core, sedangkan unggulan Mediatek adalah Helio X25 deca core.

mediatek-vs-qualcomm

Tetapi, jangan hanya terpatok pada jumlah intinya saja. Inti yang banyak belum tentu membuat performa maksimal. Contohnya iPhone 6s yang memiliki performa tinggi saja hanya menggunakan prosesor dual core.

Pilih RAM dan memori yang mencukupi

ram-smartphone

Jika ingin bermain game, sebaiknya pilih ponsel dengan RAM 3GB, atau setidaknya 2GB. Sedangkan untuk memori internal lebih baik pilih paling kecil adalah 16GB karena banyak game saat ini yang membutuhkan memori besar.

Perhatikan resolusi layar

Resolusi layar akan menentukan tajamnya warna dan detail gambar di ponsel. Resolusi ini berbeda dengan ukuran fisik layar, sehingga ponsel yang ukuran layarnya tidak terlalu besar pun bisa memiliki resolusi yang tinggi. Untuk urusan gaming, usahakan memilih ponsel dengan resolusi layar 720p atau 1080p.

Tentu saja ada komponen lain seperti kapasitas baterai yang menentukan berapa lama ponsel dapat digunakan untuk bermain game dalam satu kali pengisian daya. Namun, hal itu kembali pada selera anda.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.