Pernahkah Gadgeteers ada di situasi di mana dalam hitungan hari liburan panjang pertama bersama keluarga akan dimulai namun anda tidak mempunyai kamera untuk mengabadikannya? Atau dalam 3 hari anak Anda akan mengadakan konser biola atau pertandingan sepak bola pertamanya? Dan ketika Anda menyadari butuh kamera, dengan banyaknya pilihan jenis kamera dengan berbagai macam pabrikan, harga, dan spesifikasinya, Anda jadi malah bingung sendiri.

Sebelum penyesalan “Aduh mestinya beli kamera A aja” atau “ternyata butuhnya kamera B” datang, saya ingin berbagi tips untuk memilih kamera pertama:

1. Kebutuhan
Pertama mari kita lihat kebutuhannya. Apakah anda hanya butuh kamera untuk berjalan-jalan bersama keluarga? Atau untuk memotret di tempat yang gelap?

Tidak ada kamera yang sempurna, DSLR tentu saja menarik dengan pilihan lensa yang beragam, tapi DSLR juga punya kelemahan di harga yang mahal serta penggunaan yang tidak mudah dan relatif besar. Namun jika Gadgeteers membutuhkan fokus yang cepat untuk memotret pertandingan sepak bola pertama anak, mungkin Anda boleh melirik DSLR dengan lensa tele kelas pemula. Atau jika Anda hanya membutuhkan kamera untuk berjalan-jalan bersama keluarga, tentu saja kamera pocket atau mirrorless kecil menjadi lebih menarik karena lebih ringan dan lebih mudah dalam pengoperasiannya.

2. Budget
Yang paling penting adalah budget. Berapa budget yang siap disisihkan untuk membeli kamera pertama? Budget ini penting karena budgetlah yang akan menyaring banyaknya pilihan menjadi beberapa pilihan saja. Tentunya Gadgeteers akan lebih mudah memilih di antara 5-6 pilihan dibandingkan dengan 20 atau 30 pilihan.  Dalam budget sendiri sebaiknya juga dilebihkan untuk membeli aksesoris pendukung seperti misalnya tas penyimpan, kartu memori yang berkualitas baik, dan tripod atau monopod jika dibutuhkan.

Pocket-DSLR-SemiPro-GGPocket , DSLR  dan Pocket Semi-Pro (dokumen pribadi)

3. Form Factor
Dengan banyaknya pilihan kelas kamera seperti pocket, semi-DSLR, mirrorless, dan DSLR tentu saja juga membuat pilihan semakin beragam dan membingungkan. DSLR yang semakin murah membuat kamera-kamera pocket menjadi kurang menarik, belum lagi tren mirrorless yang mencoba menggabungkan antara kekompakan kamera pocket dengan kemampuan DSLR.

Masing-masing tentu saja punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. DSLR mempunyai kualitas gambar yang relatif lebih baik, namun tentu saja lebih berat, besar, dan membutuhkan perawatan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan kamera pocket yang lebih kecil. Selain itu beberapa tempat seperti shopping mall juga tidak bersahabat dengan DSLR, jadi jangan kaget jika ada satpam mendatangi dan melarang Gadgeteers untuk mengambil gambar sedangkan para gadis-gadis muda di samping asik mengambil gambar dengan kamera pocket mereka.

Kamera pocket sendiri sudah mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan dengan beberapa tahun lalu ketika booming DSLR mulai bermunculan. Sudah banyak kamera pocket yang sudah memuat lensa all-around yang berguna untuk travel dipadu dengan kualitas gambar yang masih cukup bisa dibanggakan ketika diunggah ke Facebook atau dicetak dan dimuat di album foto keluarga.

4. Aksesoris Tambahan
Terkadang aksesoris tambahan punya andil cukup besar dalam menentukan pembelian. Harga baterai cadangan yang mahal misalnya atau ketersediaan lensa-lensa untuk kamera mirrorless dan DSLR bisa menjadi pertimbangan.

Kartu memori yang baik harus menjadi prioritas. Gadgeteers tidak perlu membeli yang paling mahal namun yang berkualitas cukup baik saja sudah layak. Saya menyarankan kartu memori yang memang sudah terkenal seperti SanDisk, Kingston, Transcend, TEAM  atau Toshiba dengan kapasitas 8/16GB yang sudah mempunyai sertifikasi Class 10. Karena tidak ada yang lebih membuat kesal ketika foto liburan tiga hari hilang karena kartu memori yang digunakan rusak mendadak akibat kualitasnya kurang baik.

Jika ada Gadgeteers yang mempunyai tips tambahan, mari kita berbagi di comment box di bawah ini 🙂Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Jey Nelson

A professional photographer and videographer specializes in wedding and event photo/videography. I enjoy technical stuffs, new gadgets, and technologies that would help us.

Latest posts by Jey Nelson (see all)