Headphone adalah salah satu aksesoris wajib bagi para pencinta musik. Ketika Gadgeteers sedang melakukan apa saja, di mana saja, dan kapan saja, mendengarkan lagu favorit adalah salah satu aktivitas pendamping yang mungkin paling sering Gadgeteers lakukan. Dengan bekerja sembari mendengarkan lagu, mungkin Gadgeteers akan mendapatkan semangat lebih dalam menuntaskan pekerjaan Gadgeteers.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kualitas suara sebuah headphone. Karena kualitas suara adalah segalanya ketika Gadgeteers mencolok headphone ke pemutar musik, ntah itu smartphone ataupun digital audio player. Kali ini penulis akan memberikan beberapa tips untuk Gadgeteers yang sedang mencari headphone.

1. Untuk apa headphone tersebut Gadgeteers gunakan?

Hal pertama yang harus Gadgeteers lakukan dalam menetapkan sebuah headphone adalah akan Gadgeteers gunakan untuk apa headphone tersebut? Apakah Gadgeteers mencari headphone yang mudah untuk dibawa kemana-mana? Apakah Gadgeteers mencari headphone yang dapat Gadgeteers gunakan ketika sedang fitness di gym? Ataukah Gadgeteers mencari headphone yang dapat diandalkan untuk mendengarkan lagu dari hi-fi stereo  di rumah? Tujuan dari penggunaan headphone tersebut dapat mempengaruhi faktor-faktor lainnya dalam pemilihan.

2. Tetapkan budget.

Hal kedua yang harus Gadgeteers lakukan adalah menetapkan budget. Sebelum membeli, lakukanlah pencarian model dan review dari model yang Gadgeteers inginkan berdasarkan budget yang telah ditetapkan. Jangan tergoda dengan bisikan setan “tambah sedikit dapat lebih bagus”, karena mungkin saja headphone yang lebih mahal tersebut cocok untuk Gadgeteers. Sesuaikanlah dengan poin pertama, yakni tujuan Gadgeteers menggunakan headphone tersebut.

3. Over-ear, on-ear, atau in-ear?

Hal ketiga menyangkut dari kenyamanan Gadgeteers menggunakan headphone tersebut. Over-ear memiliki model yang nyaman digunakan karena ukuran earpad yang lebih besar dari telinga Gadgeteers dengan kualitas suara yang mengagumkan, namun memiliki bobot yang lebih berat sehingga mungkin akan membuat Gadgeteers tidak nyaman ketika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama. On-ear adalah headphone yang digunakan dengan menempel pas di daun telinga.

Memiliki kualitas suara yang tidak kalah dengan over-ear, namun tidak semua orang nyaman untuk menempelkan earpad di daun telinga. In-ear adalah headphone  yang penggunaannya dimasukkan ke dalam telinga (seperti headset yang Gadgeteers dapatkan ketika membeli smartphone). Model ini sangat cocok untuk Gadgeteers yang suka berpindah-pindah tempat atau melakukan kegiatan olahraga. Kualitas suaranya sudah cukup bagus, walaupun tidak dapat menyaingi model over-ear ataupun on-ear.

overearHeadphone over-ear

inearHeadphone on-ear

inearrHeadphone in-ear

4. Headphone kabel atau nirkabel?

Hal keempat ini mungkin dapat Gadgeteers jadikan salah satu petimbangan dalam memilih headphone. Bagi Gadgeteers yang mendengarkan musik dengan smartphone ataupun digital audio player kecil, model nirkabel mungkin dapat menjadi pilihan karena kepraktisannya. Namun patut diingat, suara yang dikeluarkan oleh headphone nirkabel biasanya sudah melalui proses kompresi (karena melewati Bluetooth). Sehingga untuk Gadgeteers yang mencari kualitas audio kelas atas tanpa kompresi, sebaiknya Gadgeteers memilih headphone kabel saja.

5. Model dari headphone.

Hal kelima ini mungkin tidak terlalu penting namun jika Gadgeteers adalah seorang yang memperhatikan gaya berpakaian mungkin menjadi salah satu faktor yang Gadgeteers pertimbangkan. Carilah headphone dengan model dan warna yang cocok untuk gaya berpakaian. Apalagi jika headphone tersebut Gadgeteers gunakan sehari-hari. Sebaiknya hal ini Gadgeteers letakkan sebagai faktor sekunder saja, karena pengalaman Gadgeteers dalam mendengarkan suara yang berkualitas lebih penting dibandingkan model dari headphone tersebut.

Bagaimana Gadgeteers, apakah kamu sudah menemukan headphone idaman? Jangan lupa ya untuk tidak mengunduh lagu bajakan dan membeli CD/digital audio asli dari penyanyi favorit. Beli headphone mahal aja bisa, masa lagunya masih yang bajakan? :p

Gambar via mashable.com dan endlessicons.com

 Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr