Pernah mendapatkan pesan seperti itu?

Nah, pesan singkat seperti itu termasuk cyber bullying. Sama seperti mem-bully, namun hal ini terjadi pada dunia maya. Tindakan seperti meledek, menghina, memojokkan seseorang di dunia maya ini marak kita temui dan banyak sekali anak muda yang tidak menyadari aksi cyber bullying yang ia lakukan.

Jika kita lihat pada berita ini, kita menjadi lebih menyadari betapa membahayakannya tindak cyber bullying. Menurut DoSomething.org ada beberapa fakta mengenai cyber bullying yang harus menjadi perhatian kita semua. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa jarang sekali ada korban cyber bullying yang melaporkan pada keluarganya. Selain itu, penggunaan telepon genggam yang menjadi salah satu sarana komunikasi yang diminati para remaja ternyata sudah menjadi medium yang cocok untuk tindak cyber bullying. Banyak pula korban cyber bullying yang merasa terluka dan sakit hati karena menjadi korban dari cyber bullying tersebut.

texastechtoday dot com

Apa sih yang membuat cyber bullying menjadi lebih berbahaya dibandingkan dengan bullying biasanya? Cyber bullying terjadi pada dunia maya yang tentu saja memungkinkan para pelakunya untuk melakukan tindakan tersebut kapanpun ia mau sehingga korban juga dapat menerima tindakan cyber bullying setiap kali ia membuka akun media sosialnya atau ponselnya.

Selain dengan menghina, dan mengejek, ternyata ada berbagai tindakan lain yang tanpa kita sadari tergolong tindak cyber bullying. Tindakan-tindakan seperti penyebaran berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya melalui gadget maupun social media, merampas informasi rahasia pada akun-akun media sosialnya, posting segala tulisan yang bersifat mengancam pada dunia maya, mempublikasikan foto-foto pribadi tanpa izin, bahkan mengirim foto-foto yang bernuansa pornografi pun termasuk dalam cyber bullying.

Dengan membaca artikel ini, tentunya penulis berharap agar Gadgeteers menjadi lebih berhati-hati dalam berkomunikasi dengan menggunakan gadgetnya. Semoga bermanfaat

Sumber gambar : blog.sgropules.com , texastechtoday.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
A dissident who searching for her Exodus • Drunken bouquet catcher w/ heels • Social Media Alienist @StellarNull