Sebagai pengguna sistem operasi perangkat bergerak paling populer di bumi, kebanyakan pengguna Android adalah orang-orang yang suka mengutak-atik dan mencoba sesuatu yang baru di ponsel atau tablet mereka. Tidak terkecuali dengan mencoba tampilan sistem operasi terbaru kompetitor sendiri, iOS 7. Kapan lagi hanya bermodal sebuah aplikasi kita dapat merasakan tampilan sistem operasi perangkat Rp3 jutaan ke atas pada perangkat Rp1-2 juta atau lebih murah?

Perkenalkan iLauncher. Aplikasi Android ini mampu menyajikan tampilan iOS 7 pada ponsel atau tablet Android 2.2 Froyo atau lebih baru. Meski belum mampu menampilkan parallax effect, iLauncher dapat menampilkan animasi zoom seperti yang dirasakan pengguna iOS saat membuka sebuah aplikasi. Icon aplikasi yang bergetar saat kita akan memindahkan posisinya dan badge notifikasi yang biasa terdapat pada messenger, email atau media sosial di iOS juga mampu tampil di perangkat Android kita saat menggunakan iLauncher.

Hingga saat artikel ini dipublikasikan, iLauncher telah diunduh oleh sekitar 10.000-50.000 pengguna Android dari seluruh dunia dan berhasil memperoleh lebih dari 2.200 review dengan nilai rata-rata 4.0 dari maximal 5.0. Hasil yang tidak terlalu buruk bagi sebuah aplikasi berbayar seharga US$2.14 (sekitar Rp24.900).

iLauncher-iNoty-GG
Panel notifikasi iOS tidak tersedia di iLauncher. Jika menginginkannya, kita harus menggunakan aplikasi lain yakni iNoty. Aplikasi ini hanya tersedia untuk ponsel Android 2.3 Gingerbread atau lebih baru dan fitur kalender pada iNoty hanya dapat kita gunakan jika ponsel Android kita sudah menggunakan versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau lebih baru. Pengguna tablet Android apapun versinya, hingga kini, belum dapat didukung oleh iNoty.

Hingga saat artikel ini dipublikasikan, iNoty telah diunduh oleh sekitar 5.000-10.000 pengguna Android dari seluruh dunia dan berhasil memperoleh lebih dari 422 review dengan nilai rata-rata 3.6 dari maximal 5.0. Sebuah hasil yang cukup baik bagi sebuah aplikasi pelengkap berbayar seharga US$1.3 (sekitar Rp15.100) yang hanya tersedia pada ponsel dan tidak pada tablet.

Untuk lebih jelasnya, kita dapat saksikan pada video berikut :

featured image via gigaom

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.