Bank swasta terbesar Indonesia dengan lebih dari 15 juta nasabah, 1.200 cabang dan 17 ribu ATM ini meluncurkan VIRA pada hari jadinya yang ke-60 pada 22 Februari 2017 silam. Namanya sekilas terdengar seperti nama perempuan namun sesungguhnya VIRA adalah asisten virtual perbankan BCA yang terintegrasi dengan tiga platform chat populer Indonesia saat ini, yaitu LINE, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat.

Dengan VIRA, BCA berusaha menciptakan inovasi untuk memberikan kemudahan baik bagi nasabah maupun non-nasabah yang ingin mengetahui berbagai informasi perbankan seperti promo BCA terkini, lokasi ATM, nilai tukar valas, daftar KPR serta kartu kredit. Selain itu khusus nasabah BCA, VIRA juga dapat digunakan untuk cek saldo, mutasi rekening dan info kartu kredit seperti cek sisa limit, tagihan maupun histori transaksi. Sebelum memanfaatkan fasilitas finansial dari VIRA, nasabah BCA perlu datang ke ATM untuk mendaftarkan nomor ponsel jika belum pernah menggunakan mobile banking atau internet banking BCA. Alur registrasi dan aktivasi transaksinya adalah sebagai berikut :

Registrasi Aktivasi VIRA BCA

Kehadiran VIRA adalah perwujudan dari ide juara pertama kompetisi Finhacks atau Financial Hackathon #HackbyTheBeach yang diadakan BCA tahun 2016 yang dimenangkan oleh Fariz Tadjoedin (34) dengan ide mengenai chat banking.

Pengalaman Penggunaan VIRA di LINE

BCA-VIRA-LINE

Menemukan VIRA di LINE relatif mudah. Saya hanya cukup memasukan kata kunci BCA di fitur pencarian official account LINE dan hasil pencarian meletakkan akun resmi Bank BCA di urutan paling atas tanpa ada satupun akun-akun palsu yang berusaha menyamar sebagai akun resmi BCA. Untuk memastikan keresmiannya, ada logo perisai berwarna hijau di samping kiri nama akun setelah hasil pencarian tersebut diklik.

Pembagian menu yang ada relatif sederhana yakni menu Info & Promo yang bisa diakses oleh semua orang dan menu Cek Transaksi Perbankan yang hanya bisa diakses oleh nasabah BCA. Respons VIRA ketika menu-menu tersebut ditekan cukup cepat. Respon cek saldo dan cek mutasi rekening melalui VIRA pun sangat cepat dan praktis.

Pengalaman Penggunaan VIRA di Facebook Messenger

BCA-VIRA-Facebook-Messenger

Menemukan VIRA di Facebook Messenger juga relatif mudah. Saya hanya perlu memasukan kata kunci BCAdi kotak pencarian yang terletak di bagian paling atas aplikasi dan hasil pencarian meletakan akun resmi @BankBCA di urutan paling atas tanpa ada satupun akun-akun palsu yang berusaha menyamar sebagai akun resmi BCA. Sebagai catatan, ada beberapa akun resmi produk BCA seperti @KartuKreditBCA, @XpresiBCA, dan BizGuideBCA yang berpotensi membingungkan bagi sebagian orang. Untuk memastikan keresmiannya, ada logo centang berwarna biru di samping kanan nama akun setelah hasil pencarian tersebut diklik.

Pembagian menu VIRA di sini sama seperti dengan yang terdapat pada di LINE kecuali pada submenu promo yang memiliki piihan untuk melihat kategori promo di mana tidak terdapat pada VIRA versi LINE. Navigasi menu VIRA di LINE dan Kaskus Chat lebih nyaman dari Facebook Messenger karena pengguna tidak harus scroll ke atas untuk mencari menu untuk ditekan lalu scroll ke bawah untuk melihat hasil klik menu tersebut.

Respons VIRA ketika menu-menu tersebut ditekan tidak secepat respon VIRA yang ada di LINE meski digunakan pada koneksi internet, lokasi dan waktu yang hampir bersamaan. Jumlah dan keterangan mutasi pada saat cek transaksi sama persis dengan yang terdapat pada LINE, demikian juga saat cek saldo.

Pengalaman Penggunaan VIRA di Kaskus Chat

BCA-VIRA-Kaskus-Chat

Menemukan VIRA di Kaskus Chat juga relatif mudah. Saya hanya perlu memasukan kata kunci BCA di kotak pencarian yang terletak di bagian paling atas aplikasi dan hasil pencarian meletakan akun resmi Bank BCA di urutan paling atas dengan logo kepala robot di sebelah kiri nama yang menandakan bahwa akun tersebut telah terverifikasi.

Gambar pemanis VIRA di Kaskus Chat adalah yang paling sedikit di antara ketiga platform yang tersedia saat ini. Menu dan submenu hanya disajikan dalam bentuk teks. Meski secara visual kurang menarik, hal ini akan sangat membantu saat pengguna berada di tempat dengan signal kurang baik. Ketika menu diklik pun, respons VIRA di Kaskus Chat akan muncul lebih cepat dibandingkan dengan VIRA di Facebook Messenger.

Menariknya VIRA di Kaskus Chat menyediakan pilihan untuk kembali ke menu awal yang tidak terdapat pada VIRA di Facebook Messenger. Absennya pilihan kembali ke menu awal pada VIRA di Facebook Messenger akan cukup merepotkan pengguna yang harus scroll ke atas terlebih dulu untuk kembali ke menu awal. Jumlah dan keterangan mutasi pada saat cek transaksi sama persis dengan yang terdapat pada LINE, demikian juga saat cek saldo.

Kesimpulan

BCA-VIRA-Teknopolis-2017

Menggunakan VIRA baik di LINE, Facebook Messenger maupun Kaskus Chat memberikan pengalaman baru dalam berinteraksi dengan BCA. Pengguna tidak lagi perlu login ke KlikBCA hanya untuk mengecek saldo dan cek beberapa mutasi rekening terakhir, lebih cepat dan praktis. Sayangnya hingga saat ini VIRA belum mendukung multi-rekening sehingga jika seorang pengguna punya lebih dari satu rekening BCA, ia harus menggunakan VIRA di lebih dari satu platform chat.

Kekurangan tersebut tentu dapat dimaklumi karena VIRA baru berusia beberapa bulan saja. BCA akan memperluas fitur-fitur yang tersedia dalam VIRA. Kami tentunya berharap ke depannya VIRA dapat menjawab pertanyaan yang lebih mendetail seiring semakin berkembangnya data yang terkumpul dari interaksi chat dengan nasabah,” kata Ketut Wijaya, Senior Vice President Transaction Banking Business Development BCA pada presentasinya di acara Teknopolis yang berlangsung di JCC Senayan pada Minggu 11 Juni 2017 lalu.


Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.