Setelah resmi dirilis di Filipina akhir bulan Oktober lalu, Oppo resmi memboyong smartphone selfie expert terbaru mereka, Oppo F5 ke Indonesia. Hadir dengan tagar “Selfie expert and leader”, Oppo meyakini smartphone terbarunya menjadi yang paling unggul untuk urusan selfie dengan kemampuan A.I. Beauty Recognition.

Perlu Gadgeteers ketahui jika Oppo merupakan produsen smartphone nomor 4 di dunia yang menjadi pilihan konsumen untuk perangkat selfie. Oppo telah berkali-kali memberikan pengalaman pertama kepada konsumen untuk pencapaian teknologi dalam fotografi smartphone.

Melalui acara yang diadakan di Jakarta kemarin, Oppo menyampaikan beberapa fitur kunci yang ditawarkan pada Oppo F5. Yang utama adalah teknologi AI Beauty Recognition, fitur yang menjawab tiga feedback utama yang diberikan oleh konsumen; konsumen menginginkan efek beauty yang lebih alami dan nyata, adanya personalisasi untuk subjek dalam gambar, serta hasil yang semakin baik.

Foto 4

Dengan AI Beauty Recognition, kamera depan Oppo F5 akan memindai lebih dari 200 titik pengenal wajah, merujuk setiap subyek dalam gambar ke sebuah database pemotretan wajah global untuk mempelajari setiap keunikan dari wajah, bentuk serta struktur. Kemudian hasil foto akan disesuaikan dengan peningkatan kecantikan yang halus namun tetap nampak alami.

Teknologi AI juga dapat mengenali warna, jenis kulit, jenis kelamin serta usia subyek pada gambar. Pencahayaan lingkungan sekitar subyek, keadaan subyek yang sendiri atau berpasangan, dengan latar belakang dan kondisi pencahayaan yang berbeda-beda, semua akan dipelajari dan disesuaikan secara otomatis. Software beautification pada Oppo F5 juga dirancang dengan saran dari fotografer serta make-up artist profesional, plus feedback dan survei dari konsumen.

Foto 2

Oppo F5 hadir dengan desain unibody yang ramping, dengan ketebalan hanya 7,5 mm. Sudut-sudutnya dibuat membulat dan bodi belakang dirancang agar telapak tangan pengguna tidak akan merasa lelah bahkan setelah lama menggunakan perangkat. Walaupun tipis, Oppo F5 tetap memiliki triple-slot card tray, yang artinya Gadgeteers dapat menyematkan dua kartu nano-SIM serta satu kartu micro-SD secara bersamaan.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah tampilan layarnya. Oppo F5 hadir dengan layar kekinian, berdimensi besar 6 inci namun dimensinya kurang lebih masih sama seperti generasi sebelumnya, berkat penggunaan bezel ekstra ramping. Dengan rasio 18:9 dan resolusi Full HD 2160x1080p, Gadgeteers dapat memanfaatkan layar luas tersebut dengan menggunakan mode Split Screen untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus, seperti browsing sambil nonton video di YouTube.

Foto 1

Fitur Facial Unlock pada Oppo F5 juga diklaim lebih cepat daripada smartphone lain di kelasnya. Wajar saja karena sensor dan software yang dimiliki cukup prima dalam memindai wajah penggunanya. Oppo F5 dilengkapi kamera depan 20MP dengan bukaan f/2.0, serta kamera belakang 16MP f/1.8. Kamera depannya dapat memberikan efek bokeh serta HDR. F5 juga dilengkapi fitur ES anti-shake DSP, yang memungkinkan pengambilan beberapa gambar secara cepat lalu menggabungkannya menjadi satu foto yang minim noise walaupun pada kondisi kurang cahaya.

Hal tersebut dimungkinkan berkat penggunaan prosesor MediaTek Helio P23 octa-core 2.5GHz, yang menggunakan fabrikasi 16nm. Prosesor ini diklaim lebih efisien daya, memiliki pengendalian panas yang lebih baik serta memiliki kinerja 40% lebih baik dari generasi sebelumnya. Dengan ColorOS 3.2, Oppo menyematkan fitur Gaming Do Not Disturb yang dapat membuat pengguna bisa terus bermain game tanpa terganggu oleh notifikasi yang akan muncul pada smartphone mereka. Baterai 3200mAh pada Oppo F5 diklaim sanggup bertahan terus menerus selama 12 jam.

Foto 5

Oppo F5 di Indonesia hadir dengan penyimpanan internal internal 32GB, dengan RAM 4GB. Dirilis dalam tiga warna; Gold, Black dan Red, warna terakhir dijual spesial dengan RAM 6GB. Varian RAM 4GB akan dijual seharga Rp3.999 juta. Pre-order dibuka mulai 11 November kemarin untuk warna Black. Sedangkan warna Gold sudah bisa langsung dibeli pada tanggal yang sama.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.