Jutaan orang di seluruh dunia telah sering melihat hasil karyanya dan bahkan memiliki serta menggunakan objek fotonya dalam kehidupan sehari-hari namun tidak banyak yang mengenal sosok fotografer di balik gambar-gambar iPhone, iPad, iPod, Mac dan produk Apple lainnya ini. Dia adalah Peter Belanger, fotografer produk asal San Francisco yang juga pernah bekerja untuk eBay, Nike, Pixar dan Square.

Berawal dari seorang yang bekerja paruh waktu untuk agensi pernah yang menangani Apple, Peter Belanger tetap mampu untuk menjaga hubungan kerja yang baik sehingga Apple tetap mempercayakan pekerjaan memotret produk-produk Apple selama bertahun-tahun kepadanya meski desainer internal Apple dan agensinya telah berganti beberapa kali. Tim internal Apple membuat daftar potret dan sketsa-sketsa lalu tugas Peter Belanger adalah menerjemahkan sketsa tersebut menjadi foto.

Peter-Belanger-GGgambar via TheVerge.com

Peter Belanger dituntut untuk mampu menghasilkan foto-foto yang mampu mendeskripsikan ciri khas dan fitur setiap produk Apple yang ia potret secara akurat. Meski ia berusaha untuk melakukan sebanyak mungkin pekerjaannya di kamera, pada akhirnya Peter Belanger tetap harus menyempurnakan hasil karyanya tersebut di Photoshop.

Untuk memotret di luar studio, Peter Belanger menggunakan Canon 5D Mark III dengan lensa favoritnya adalah 24-70mm. Sebagai informasi, total harga kedua produk ini di Indonesia sekitar Rp50 juta. Untuk memotret di dalam studio, Peter Belanger mengandalkan Phase One P65+ digital back dengan 4×5 Sinar X view camera dan sistem kamera Phase One 645. @GadgetGaul tidak berhasil menemukan harga pasti produk ini di Indonesia namun kami memperkirakan total harga ketiga produk tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Peter-Belanger-Studio-GGgambar via DPReview.com

Sementara itu Peter Belanger juga memanfaatkan beberapa perangkat lunak ternama untuk membantu pekerjaan pasca produksi seperti Photoshop, Aperture, Capture One dan xScope. Sementara untuk estimasi harga dan membuat invoice, ia memakai BlinkBid. Total harga semua perangkat lunak yang ia gunakan tersebut mencapai belasan juta rupiah.

Di waktu luang Peter Belanger memotret anak-anaknya. Ia memotret anak-anaknya tiap hari semenjak mereka lahir. Pada akhir tahun ia akan mencetak 365 foto tersebut dan menjadikannya sebuah buku dan hingga saat ini ia telah menyelesaikan buku ke-10. Pekerjaannya di waktu luang ini juga memberikannya sebuah pekerjaan baru : memotret keluarganya untuk keperluan materi pemasaran Apple.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.