Sony akan resmi menjual PS Vita di Indonesia mulai 9 Mei 2012 lusa. Sony merilis PS Vita sebagai penerus perangkat game Sony legendaris sebelumnya, Sony Playstation Portable atau yang lebih dikenal dengan Sony PSP yang salah satu model terpopulernya PSP 3000 yang dirilis pertama kali pada Oktober 2008 silam.

GadgetGaul akan menghadirkan perbandingan keduanya. Bukan untuk mengetahui siapa yang lebih baik karena memang beda generasi namun sebagai bahan pertimbangan Gadgeteers sebelum membeli Sony PS Vita supaya tidak menyesal di kemudian hari tentunya =)

Performa
PS Vita berjalan pada prosesor quad-core ARM Cortex A9 dan SGX543MP4 + Graphics Processing Unit (GPU). Semua ini adalah perbaikan pada apa yang ditemukan pada PSP 3000 yang memiliki CPU dengan clock speed 333 MHz dan GPU dengan clock speed sekitar 167 MHz.

Layar
Berbicara tentang resolusi, PS Vita memiliki 960 x 544 pixel, 5-inch layar OLED yang mampu membuat rasio aspek 16:9. Layar sentuh kapasitif mampu mendukung fungsi multitouch. Sebaliknya, PSP 3000 memiliki 4,3 inci, 16:9 penuh tipe layar TFT transparan dengan resolusi lebih rendah pada 480 x 272 pixel.

Kontrol
PS Vita berisi tombol standar PlayStation (persegi, lingkaran, x, segitiga) serta dua tombol bahu (R dan L) dan tombol memulai dan pilih. Dua stik analog juga hadir dengan D-Pad, dan tombol Menu PS. Seperti telah disebutkan, PS Vita memiliki sebuah layar sentuh tetapi hanya dapat digunakan dalam navigasi menu. Ada touchpad multi-touch di bagian belakang. Terdapat accelerometer dan sensor giroskop yang memungkinkan Anda untuk mengontrol permainan dengan Vita memiringkan, seperti pada permainan di Android & iOS.

Penyimpanan
Tidak ada penyimpanan internal untuk Vita PS yang berarti Gadgeteers harus bergantung pada media external untuk menyimpan permainan dan konten multimedia lainnya. PSP3000 memiliki memori internal yang sangat sedikit 64 MB dan hanya PSP Go memiliki kapasitas penyimpanan internal yang layak di 16 GB.

PS Vita tidak lagi menggunakan Universal Media Disks (UMD) seperti yang digunakan pada PSP 3000 dan juga tidak menggunakan memory stick M2 seperti yang digunakan PSP Go karena dilengkapi dengan kartu memori yang khusus PS Vita yang dikenal sebagai NVG, yang tersedia dalam kapasitas 4 GB hingga 32 GB. Karena khusus untuk PS Vita, Gadgeteers tidak dapat bertukar permainan antara PS Vita dengan PSP 3000 atau PSP Go

Konektivitas
PSP 3000 dapat terhubung ke PlayStation Network (PSN) hanya melalui WiFi. Dengan terhubung ke PlayStation Network (PSN) memungkinkan Gadgeteers untuk mengakses Daftar Teman dan berkirim pesan selain membeli permainan, film, komik dan musik. Tergantung pada PS Vita yang dimiliki, Gadgeteers dapat terhubung ke PSN dengan PS Vita melalui WiFi atau jaringan 3G. Namun PS Vita resmi yang beredar di Indonesia saat ini hanya PS Vita WiFi

Harga
Harga PSP 3000 resmi yang tertera pada web Sony Indonesia saat tulisan ini dibuat adalah Rp1.999.000. Sementara harga resmi yang telah diumumkan Sony Indonesia untuk PS Vita WiFi adalah Rp3.399.000. Harga mungkin akan bervariasi di antara satu toko games dan lainnya.

 Sony PS Vita

Sony PS Vita

Sony PSP 3000

Sony PSP 3000

Performa

Quad-Core ARM Cortex A9

PSP CPU 333MHz

Layar

5-Inch MultiTouch Capacitive OLED

4.3-Inch TFT

Penyimpanan

Sony PS Vita Card

Universal Media Disk & Memory Stick

Konektivitas

Bluetooth, WiFi, WiFi + 3G

WiFi

Lain-lain

GPS, Camera

TV Out, Removable Battery

Harga Resmi

Rp3.399.000

Rp1.999.000

Tertarik? Kunjungi roadshow Sony PS Vita di tempat-tempat ini :

Sony PS Vita Roadshow IndonesiaArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.