Meskipun “hanya” masuk 5 besar aplikasi chat di Indonesia, jumlah pengguna aplikasi chat ini di Indonesia adalah yang terbesar kedua setelah di negara asalnya. Sebegitu pentingnya Indonesia hingga mereka menjadi aplikasi chat yang pertama kali membuka kantor di Indonesia dibandingkan aplikasi chat populer lainnya. Tidak hanya sekadar buka kantor, aplikasi chat ini juga mendengarkan dan memenuhi kebutuhan para pengguna aplikasi chat di Indonesia.

Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan di Indonesia saat seseorang chatting (dengan aplikasi chat apapun) adalah pesan yang lama terkirim atau lama diterima terutama pada saat berada di tempat dengan signal GPRS/EDGE. Meskipun hal tersebut merupakan sesuatu hal yang hampir tidak pernah terjadi di negara asalnya, KakaoTalk melihat kebutuhan tersebut dan menjawabnya dengan teknologi Speed Booster dan Image Relay. Apa itu?

Teknologi Image Relay fokus untuk meningkatkan kecepatan pengiriman foto dengan memotongnya dan mengunggah file gambar dalam berbagai bagian. Teknologi tersebut juga dilengkapi dengan kemampuan optimasi gambar untuk menjaga kualitasnya. Mesin Speed Booster dikembangkan untuk menyediakan pengalaman chatting cepat dan handal secara konsisten bahkan pada signal GPRS/EDGE dengan mengurangi ukuran paket komunikasi dan meminimalisir koneksi ke server. Ketika kita berada di tempat yang tidak ada signal sama sekali, sebuah gambar pesawat kertas kecil akan muncul di samping kiri pesan untuk menandakan bahwa pesan tersebut akan secara otomatis dikirim segera setelah ada signal sehingga pengguna tidak perlu untuk mengetik ulang pesan tersebut.

Sementara di sisi perangkat keras, KakaoTalk menggunakan cloud untuk server global sementara server fisik hanya ditaruh di Korea. Selain itu, KakaoTalk juga menggunakan load balancer dan melakukan modifikasi di infrastrukturnya dengan Fusion Infrastructure yang membantu menyeimbangkan volume kerja di setiap server untuk menghadapi lonjakan trafik.

Kecuali iOS, KakaoTalk dengan teknologi Speed Booster dan Image Relay telah menggunakan logo baru dengan simbol petir dapat ditemukan pada versi berikut :

Android : versi 4.3.1 atau lebih tinggi
iOS : versi 4.0.1 atau lebih tinggi
Blackberry : versi 3.3.1 atau lebih tinggi
Asha : versi 0.9.0 atau lebih tinggi
Windows Phone : 0.9.0 atau lebih tinggi

Emang seberapa cepat sih? Simak video perbandingannya dengan salah satu aplikasi chat populer berikut :

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.