Sukses membendung Snapchat lewat produk kreasinya sendiri, Facebook mengalihkan bidikannya ke YouTube. Jejaring raksasa tersebut resmi meluncurkan platform video bernama Watch yang bakal mendukung lintas plaform mulai dari mobile, desktop, browser dan juga televisi.

Ketertarikan pengguna Facebook terhadap video disimpulkan dari eksperimen yang mereka lakukan tahun lalu, di mana mereka menambahkan menu tab video yang dihadirkan untuk kawasan AS.

“Pengguna Facebook memang gemar menonton video di News Feed, tapi mereka juga ingin ada tempat khusus untuk menonton video,” seperti @GadgetGaul kutip dari blog resmi Facebook, Kamis (10/8/2017).

Facebook Watch

Watch dirancang juga untuk para pembuat video sebagaimana fleksiblitas yang ditawarkan oleh YouTube. Sedangkan sasaran penggunanya untuk sementara ditujukan untuk brand dan publisher. Facebook membawa Watch ke level yang lebih tinggi dengan menghadirkan tayangan-tayangan hiburan, reality show, komedi dan pertandingan olahraga secara langsung. Dengan demikian, kompetitor Watch bukan hanya YouTube tapi juga Netflix yang fokus di ranah streaming.

Dalam penayangannya, Facebook Watch fokus pada kategori tertentu, antara lain brand dengan fans, komunitas, tayangan bertema konsisten dan siaran langsung yang berhubungan dengan ketertarikan tertentu. Tapi sebelum dirilis secara global, Facebook akan lebih dulu melakukan pengujian terhadap Watch di kalangan terbatas. Seperti biasa, markas mereka, Amerika Serikat akan jadi tempat pertama.

via Cnet.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.