Mozilla Firefox pernah menjadi peramban paling populer di masanya sebelum akhirnya tenggelam oleh kedigdayaan Google Chrome. Meski demikian, Firefox tetap menjadi peramban favorit bagi sebagian pengguna internet di Indonesia. Inilah sekelumit kisah-kisah menarik perjalanan peramban open source fenomenal, Mozilla Firefox yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-10.

23 September 2002, Mozilla merilis sebuah peramban bernama Phoenix 0.1. Beberapa bulan kemudian peramban ini terpaksa mengganti namanya menjadi Firebird karena Phoenix Technologies, sebuah perusahaan pembuat BIOS ternama tidak suka namanya digunakan sebagai nama peramban. Sayangnya nama Firebird tidak disukai oleh komunitas karena sama dengan nama sebuah database server.

Mozilla Phoenix 0.1 via GadgetGaul.comimage via andrewturnbull.net

Pada awal 2004 Mozilla akhirnya mengganti lagi nama perambannya itu dari Firebird menjadi Firefox. Di pertengahan tahun 2004 mereka memperkenalkan peramban dengan tab, themes dan extension yang dapat diatur sendiri oleh pengguna. Kemudian pada 9 November 2004  Mozilla merilis versi 1.0 yang diperkenalkan melalui sebuah iklan surat kabar sehalaman penuh di New York Times.

Mozilla Firefox 1.0 Ad in New York Times via GadgetGaul.comimage via mozillazine.org

Kepopuleran Mozilla Firefox saat itu tidak lepas dari kelengahan Microsoft yang tidak memberikan update signifikan kepada perambannya Internet Explorer 6 selama beberapa tahun. Pada 21 Februari 2008, Firefox telah diunduh sebanyak 500 juta kali dan beberapa bulan kemudian memecahkan rekor dunia melalui versi 3.0-nya dengan gelar “perangkat lunak yang paling banyak diunduh dalam 24 jam,” menurut Guinness Book of World Record.

Desember 2011 Google Chrome berhasil mengalahkan Firefox dalam statistik penggunaan secara global. Menurut StatCounter, hari ini sekitar 22% dari semua komputer atau sekitar 450 juta orang menggunakan Firefox untuk meramban internet sekaligus menobatkan Firefox yang 40% pemrogramannya dikerjakan oleh sukarelawan ini sebagai peramban nomor 3 paling banyak digunakan di seluruh dunia. Internet Explorer berada di posisi kedua dengan 32% sementara Google Chrome berada di posisi pertama dengan 33%.

Penasaran mau coba peramban Phoenix 0.1 cikal bakal Firefox? Mozilla masih menyediakan berkasnya untuk diunduh di sini.

featured image via andrewhefter on flickrArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.