Informasi perihal registrasi ulang kartu SIM/perdana prabayar belakangan ini memang sangat marak diperbicarakan. Namun fokus berita seperti hanya pada SIM prabayar di ponsel saja. Tahukah Gadgeteers jika peraturan registrasi ulang kartu SIM tidak hanya berlaku pada ponsel, tetapi juga pada modem yang Gadgeteers gunakan?

Ya, karena sama-sama menggunakan kartu SIM prabayar, perangkat modem juga wajib untuk dilakukan registrasi ulang. Apakah caranya sama seperti registrasi kartu SIM pada ponsel, yaitu melalui SMS? Tentu tidak.

Dikutip dari detikinet, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyebutkan cara registrasi SIM card untuk pengguna modem tidak perlu melalui SMS, tetapi didaftarkan melalui halaman web operator masing-masing. “Nomor modem atau Mifi yang tidak mengandung SMS, kami siapkan registrasinya lewat website,” ujar ketua ATSI, Merza Fachys di Jakarta.

Sama seperti registrasi kartu SIM di ponsel, registrasi ulang perangkat modem juga memerlukan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK). Untuk menambah keabsahan data, terdapat opsi verifikasi kode nomor PUK sebagai data otentik.

“PUK itu melekat pada box atau cangkang SIM card, banyak yang tidak aware soal ini. Maka sebaiknya, setiap mendaftar menggunakan modemnya sendiri. Ini untuk menjaga keamanan, bahwa saya adalah saya,” tambahnya.

Registrasi ulang kartu SIM prabayar diwajibkan mulai tanggal 31 Oktober 2017 sampai paling lambat 28 Februari 2018, baik untuk pelanggan baru maupun lama. Jika Gadgeteers menggunakan modem Smartfren, Gadgeteers bisa menuju ke halaman registrasi di sini, dan ikuti petunjuk yang ada.

modem_1

Beberapa data yang dibutuhkan adalah nomor Smartfren, NIK, nomor KK, e-mail serta nomor handphone lainnya. Lalu ada tiga jenis verifikasi yang dapat Gadgeteers pilih; menggunakan PUK (ada di bagian belakang cangkang kartu), kode aktivasi (ada di stiker pada box perangkat modem) atau SMS (kode akan dikirim ke ponsel). Selamat mencoba!

Via inet.detik.coma
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.