Hampir setiap kita pernah mengalami kehilangan ponsel minimal sekali dalam seumur hidup. Kadang ponsel tersebut hilang di tempat umum namun tidak jarang hilang di tempat pribadi seperti rumah atau kost. Ponsel yang hilang bukan saja menyebabkan kerugian materi untuk beli ponsel baru namun yang lebih merugikan adalah kita kehilangan nomor telepon dan sms teman-teman kita dan bagi sebagian pengguna ponsel cerdas akan kehilangan dokumen, gambar atau video pribadi atau perusahaan.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang sebaiknya diinstall sebagai langkah antisipatif sebelum ponselmu hilang :

Android

Pemilik ponsel Android dapat menginstall aplikasi LookOut gratis dari Google Play untuk menemukan lokasi ponsel Androidmu meskipun GPSnya dimatikan dan membunyikan alarm dengan kencang meskipun ponsel Androidmu disilent. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membackup contact di ponselmu ke web mereka dan mengembalikannya ke ponsel Android barumu.

Untuk LookOut versi berbayar, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengunci ponsel Androidmu yang hilang dan menghapus data-data yang ada di dalamnya dari jarak jauh. Selain itu, LookOut berbayar ini mampu untuk membackup riwayat telepon dan foto juga serta mengembalikannya ke ponsel Android baru.

Identitas Aplikasi

LookOut

LookOut

Nama : Lookout Security & Antivirus
Pengembang : Lookout Mobile Security
Tanggal update terakhir : 03 April 2012
Ukuran file : 3.3MB
Prasyarat : Android 1.5 atau lebih tinggi
Harga : Gratis & Berbayar

Download LookOut di Google Play

 

iPhone

Pengguna iPhone dapat memanfaatkan aplikasi Find My iPhone dengan fitur yang mirip dengan LookOut berbayar pada Android yang dapat didownload dengan gratis. Di Indonesia pernah ada kisah sukses seseorang menemukan iPhone-nya yang dicuri menggunakan aplikasi ini.

Identitas Aplikasi

Find My iPhone

Find My iPhone

Nama : Find My iPhone
Pengembang : Apple, Inc.
Tanggal update terakhir : 07 Maret 2012
Ukuran file : 7.6MB
Prasyarat : iOS 3.2 atau lebih tinggi
Harga : Gratis

Download Find My iPhone di Apple AppStore

 

Blackberry

Blackberry Protect

Blackberry Protect

BlackBerry Protect adalah aplikasi gratis yang dirancang untuk membantu menemukan BlackBerry yang hilang dan menjaga agar informasi di dalamnya tetap aman.

Saat kehilangan Blackberry, kita login ke website Blackberry Protect lalu kita dapat membuat pesan di home screen Blackberry tersebut dengan Blackberry Protect yang meminta mereka yang menemukan  Blackberry tersebut untuk berbaik hati mengembalikannya kepada kita.

Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mencari lokasi Blackberry kita yang hilang pada peta. Jika merasa kita sudah dekat dengan Blackberry tersebut, kita dapat membunyikan nada dering maximum Blackberry tersebut melalui aplikasi ini.

Jika ternyata tidak memungkinkan untuk mengambil Blackberry yang hilang tersebut, kita dapat menghapus semua data di dalam ponsel dan kartu memory-nya dari website Blackberry Protect tersebut.

Saat kita telah membeli Blackberry penggantinya, aplikasi Blackberry Protect ini dapat membantu mengembalikan settingan Blackbery yang hilang sebelumnya, contact, sms, dan kalender pada Blackberry baru tersebut.

Download Blackberry Protect di Blackberry AppWorld

Windows Phone

Windows Phone

Windows Phone

Pengguna Windows Phone dapat memanfaatkan aplikasi Find My Phone yang gratis untuk melacak ponsel mereka yang hilang, mengunci, menghapus dan/atau membunyikannya dari jarak jauh dengan login di WindowsPhone.com menggunakan Windows Live ID.Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.