Sebentar lagi PlayStation 4 akan mulai diluncurkan ke pasar. Para gamers di seluruh belahan dunia penulis jamin sudah tidak sabar lagi untuk mencicipi konsol next-gen produksi Sony tersebut, termasuk gamers di Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang perlu Gadgeteers ketahui sebelum membeli PlayStation 4. Apa sajakah itu?

1. Paket Penjualan

Di dalam paket penjualan PlayStation 4 terdapat sebuah kabel power dan kabel HDMI, satu buah kontroler DualShock 4 dan sebuah kabel micro-USB untuk mengisi daya kontroler tersebut. Selain itu terdapat headset mono yang dapat digunakan untuk voice chat. Paket penjualan tersebut menjadi penting untuk beberapa alasan.

Pertama, kabel HDMI adalah satu-satunya konektor yang dapat menghubungkan PlayStation 4 dengan televisi. Sehingga, Gadgeteers tidak dapat menggunakan televisi lama (apalagi televisi tabung) yang tidak memiliki port HDMI. Kedua, kontroler DualShock pada paket penjualan disertai kabel micro-USB, sedangkan jika Gadgeteers membelinya secara terpisah, tidak disertai kabel micro-USB. Walaupun Gadgeteers dapat menggunakan kabel micro-USB milih perangkat lain, seperti smartphone atau tablet yang Gadgeteers miliki.

2. Gadgeteers wajib memiliki PlayStation Plus

PlayStation Plus adalah sebuah layanan keanggotaan tahunan yang dimiliki oleh PlayStation Network. Dengan akun PlayStation Plus, Gadgeteers akan mendapatkan sejumlah keuntungan seperti diskon untuk beberapa games dan mendapatkan games tertentu yang gratis untuk diunduh. Terdengar tidak penting? Lalu mengapa menjadi wajib? Penulis mengatakan PlayStation Plus adalah hal yang wajib karena Gadgeteers sebenarnya DIHARUSKAN memiliki akun PlayStation Plus untuk bermain games secara online/multiplayer.

Di zaman permainan multiplayer sedang menjamur sekarang, rasanya garing jika Anda hanya memainkan games sendirian/single player. Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting jika bergabung dengan PlayStation Plus adalah kemampuan PlayStation 4 untuk mengunduh update games ketika konsol sedang tidak digunakan (idle). Anda juga akan mendapatkan media penyimpanan cloud sebesar 1GB yang bisa digunakan untuk menyimpan game data.

3. Kapasitas penyimpanan yang terlihat “besar” namun “terbatas”

PlayStation 4 hadir dengan kapasitas penyimpanan 500GB. Storage tersebut terlihat sangat besar jika dibandingkan PlayStation 3 yang hanya 20, 60, dan 80 GB. Namun perlu diperhatikan, ukuran games saat ini juga bertambah besar. Untuk games next-gen dengan judul terkenal (seperti GTA V, COD Ghost, Battlefield 4) paling tidak dibutuhkan kapasitas penyimpanan sebesar 40GB.

Sony mengharuskan games untuk diinstall ke dalam PlayStation 4 sebelum dapat dimainkan. Yang sangat disayangkan adalah PlayStation 4 tidak dapat menggunakan external hard-drive, yang menjadi solusi mudah. Kabar baiknya, Gadgeteers dapat mengganti hard disk internal SATA-II yang tertanam di dalam PlayStation 4 jika hard disk tersebut masuk ke dalam spesifikasi Sony.

4. Ada sebuah patch pada hari pertama Gadgeteers membelinya

Ketika Gadgeteers membeli PlayStation 4, Gadgeteers diharuskan untuk mengunduh dan menginstall sebuah patch berukuran 300MB. Patch tersebut dibutuhkan untuk membuka beberapa fitur seperti kemampuan untuk membagikan games secara online, melakukan stream content ke PlayStation Vita, dan kemampuan mengunduh games di background. Selain itu, patch tersebut dibutuhkan jika Gadgeteers ingin memutar DVD ataupun Bluray.

5. PlayStation 4 tidak dapat digunakan sebagai multimedia box

Salah satu kelebihan dari PlayStation 3 adalah kemampuannya untuk menjadi multimedia box. Anda dapat memutar CD lagu, MP3, ataupun DLNA. Sayangnya, kemampuan ini tidak diteruskan oleh sang penerus. PlayStation 4 tidak memiliki dukungan untuk memutar CD lagu, MP3, ataupun DLNA. Sungguh disayangkan ya Gadgeteers.

Itulah beberapa hal yang patut Gadgeteers ketahui sebelum membeli PlayStation 4. Sampai saat ini penulis belum mengetahui kapan konsol next-gen ini akan masuk ke Indonesia. Namun jika melihat jadwal rilis di belahan dunia lain sekitar Desember, mungkin awal tahun depan (Januari-Februari 2014) Gadgeteers sudah dapat membawa pulang PlayStation 4 dari toko games terdekat.

Bagaimana gadgeteers, apakah Gadgeteers adalah salah satu gamers yang ingin sekali untuk memiliki PlayStation 4? Ataukah Gadgeteers lebih tertarik untuk meminang rival utamanya dari Microsoft, Xbox One? Konsol manapun yang Anda beli, jangan lupa untuk membeli games originalnya ya! 😀

Gambar via mashable.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr