Sejak TV berwarna pertama kali diperkenalkan pada tahun 1953, keberadaannya tidak lantas langsung menjadi populer. Orang-orang di Amerika Serikat baru mulai berbondong-bondong membeli TV berwarna pada pertengahan dekade 1960an. Indonesia sendiri baru dapat menikmati siaran TV berwarna pada tahun 1980. Setelah kemunculan TV berwarna tersebut, hampir tidak ada inovasi teknologi TV signifikan yang mengubah cara para pemirsanya menonton siaran televisi.

Kamis, 28 November 2013 silam bertempat di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, PT Toshiba Visual Network Indonesia secara resmi meluncurkan Toshiba Pro Theater L4300 yang merupakan LED TV Toshiba pertama berbasis Android. Dengan TV Toshiba yang satu ini, pengguna dapat mengakses dan mengunduh berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play dengan kualitas gambar dan suara yang tentunya jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan ponsel atau tablet.

Dengan sistem operasi Android 4.2.1 Jelly Bean yang terdapat pada Toshiba Pro Theater L4300, pengguna tidak hanya dapat menggunakan TV Toshiba ini untuk menonton siaran televisi dengan kualitas gambar dan suara di atas rata-rata namun juga dapat memanfaatkannya untuk browsing internet, posting status baru di media sosial, bermain game atau bahkan mengutak-atik aplikasi user interface dari Google Play seperti drag & drop widget atau live wallpaper.

Toshiba Pro Theater L4300 dapat menampilkan resolusi Full HD 1920×1080 dan memiliki speaker yang dapat menghasilkan suara 20W serta dibalut dengan bezel yang tipis di pinggirnya. Untuk melakukan navigasi pada TV Toshiba tersebut, sebuah remote unik disediakan bagi para pengguna. Selain itu, TV Toshiba ini juga dilengkapi dengan Toshiba Dongle yang berfungsi sebagai alat penerima signal WiFi. Toshiba juga melengkapi TV berbasis Android ini dengan 2 port HDMI dan 3 port USB.

Toshiba-Pro-L4300-GG
Ada 3 fitur menarik yang terdapat pada Toshiba Pro Theater L4300 :

1) Intelligent Auto View
Dengan fitur ini, TV Toshiba dapat otomatis menyesuaikan gambar yang ditampilkan dengan kondisi ruangan menggunakan kalkulasi kompleks yang mengatur paramater gambar seperti gamma, saturasi dan ketajaman.

2) Audio Source Filtering
Fitur ini mampu memisahkan suara vokal dan suara background siaran TV yang tengah berlangsung sehingga penonton dapat mengatur 2 jenis suara tersebut. Misal saat menonton pertandingan sepak bola, penonton dapat mengeraskan suara vokal untuk memperjelas suara komentator atau mengeraskan suara background untuk merasakan atmosfer stadion lebih nyata.

3) Screen Mirroring
Manfaatkan fitur yang satu ini untuk memproyeksikan gambar dari ponsel atau tablet Android ke layar TV Toshiba seperti menampilkan foto, mendengarkan musik atau bermain game tanpa perlu memikirkan kompatibilitas dari format file yang akan digunakan dan pastinya tanpa kabel, tanpa WiFi router.

Toshiba Pro Theater L4300 ukuran 39-inch dibanderol tidak lebih dari Rp7 juta, harga yang relatif setara dengan harga ponsel atau tablet Android kelas atas saat ini. Jika Gadgeteers perlu ukuran TV yang lebih besar, Toshiba juga menyiapkan ukuran 50-inch akan dijual dengan harga sekitar Rp14 juta. TV Toshiba ini rencananya akan tersedia di Indonesia mulai Desember 2013.

Bayangkan betapa praktisnya ketika Gadgeteers dapat melakukan presentasi di kantor tanpa perlu lagi repot menghubungkan laptop kita dengan proyektor menggunakan kabel dan tanpa perlu lagi berkata, ā€œNext!ā€ kepada orang yang membantu mengklik di laptop kita untuk mengganti ke slide selanjutnya.

Bayangkan betapa menyenangkannya jika Gadgeteers yang suka menggambar dengan stylus pada phablet atau tablet Android dapat menampilkan proses menggambar tersebut pada layar yang lebih besar tanpa perlu kabel lagi sehingga setiap detail pada gambar itu dapat dengan mudah kita sempurnakan.

Bayangkan betapa hangatnya suasana keluarga ketika Gadgeteers bisa karaoke bersama dengan kedua orang tua yang sudah sulit membaca teks lagu di ponsel atau tablet karena ukuran tulisannya yang terlalu kecil.

Ketika saat itu tiba, kita tahu bahwa inovasi Toshiba telah mengubah cara orang menggunakan TV secara signifikan untuk pertama kali sejak TV berwarna populer beberapa dekade silam. Apakah Gadgeteers punya ide lain yang lebih seru untuk memanfaatkan kecanggihan TV Toshiba Pro Theatre L4300 ini?

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.