Sebuah developer game yang dikenal dengan Highbrow Interactive menghadirkan sebuah permainan simulasi kereta api Indonesia. Developer game yang bermarkas di Australia tersebut sebelumnya memang pernah menghadirkan permainan yang dikenal dengan Railroad Crossing, Euro Train Simulator dan Indian Train Simulator.

Dalam permainan Indonesian Train Simulator tersebut, Gadgeteers akan berperan sebagai masinis yang mengendalikan laju kereta. Indonesian Train Simulator ini cukup menghadirkan keseruan dengan menyuguhkan grafik yang cukup baik.

screenshot_2016-10-02-06-40-02

Ketika pertama kali membuka permainan ini, Gadgeteers akan diberikan opsi, apakah ingin menggunakan bahasa Indonesia, atau bahasa Inggris. Mengingat Highbrow Interactive sendiri bukan merupakan pengembang game asal Tanah Air. 

Ketika Gadgeteers memilih menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa yang digunakan dalam permainan ini cukup aneh dan bisa dikatakan seperti terjemahan murni (tidak ada kesepadanan). Namun, semua itu tidak terlalu mempengaruhi ke dalam game.

screenshot_2016-10-02-06-40-31

Gadgeteers akan disajikan tiga mode. Yang pertama adalah karir, dalam mode karir ini pun Gadgeteers akan disajikan lagi tiga bagian. Bagian pertama dalam mode karir ini disajikan untuk memantapkan pemain dalam bermain Train Simulation ini. 

Bagian kedua, Gadgeteers akan berperan sebagai masinis kereta pengangkut barang. Lalu yang terakhir, yakni bagian ketiga, Gadgeteers akan berperan sebagai masinis kereta penumpang.

screenshot_2016-10-02-06-41-46

Selain mode karir, ada mode bermain cepat. Ketika memilih mode ini, Gadgeteers akan secara langsung bermain. Kepala kereta atau main engine, coach, track, dan lain sebagainya dipilih secara acak.

screenshot_2016-10-02-06-40-40screenshot_2016-10-02-06-41-22screenshot_2016-10-02-06-41-35

Yang terakhir adalah mode custom atau sandbox. Di sini, Gadgeteers dapat memilih sendiri main engine atau kepala kereta. Lalu coach-nya, apakah ingin menarik barang, bensin, ataupun penumpang. Lalu pemain pun dapat menentukan kapan kereta tersebut berangkat, apakah pagi, siang, sore, atau malam. 

Selain waktu, tentunya cuaca pun berpengaruh dalam permainan simulasi ini. Oleh karena itu Gadgeteers pun dapat menentukan sendiri cuaca yang ingin dihadapi. Selain itu dalam mode ini, tujuan kereta pun dapat ditentukan oleh pemain.

screenshot_2016-10-02-06-46-04

Walaupun tanpa tutorial. Permainan Indonesian Train Simulator ini cukup mudah untuk dimainkan. Kunci dari permainan ini adalah ikuti peraturan yang ada. Ketika lampu signal berwarna hijau, berarti Gadgeteers dapat pergi, apabila berwarna merah, maka harus berhenti terlebih dahulu. Perhatikan juga batas kecepatan dan batas kecepatan mendatang.

Di bagian kiri layar, terdapat beberapa tambahan menu. Seperti lampu untuk ruangan masinisnya, lampu depan kereta, kamera, klakson, dan rem darurat. Semua itu dapat Gadgeteers gunakan secara bebas. Bila merasa ruangannya terlalu gelap, bisa menyalakan lampu masinis. Bila terasa jalanannya gelap, bisa menyalakan lampu kereta, dan lain sebagainya.

screenshot_2016-10-02-06-41-30

Sayangnya, rute yang dapat dipilih dalam game Indonesian Train Simulation ini tidak banyak, yakni Jakarta-Bandung saja.

So far, Indonesian Train Simulator ini cukup menarik. Walau tidak membuat ketagihan karena permainan ini berbasis simulasi. Namun tetap, sepertinya ada beberapa yang harus ditambahan. Seperti fitur realistik. 

Terasa ketika Gadgeteers meninggikan kecepatan kereta sampai 98% misalnya. Lalu diturunkan sampai 0%, kereta tersebut akan langsung berhenti tanpa terasa banyak perubahannya. Selain itu, seperti yang sebelumnya sudah disebutkan. Bahasa Indonesia dalam permainan ini masih mentah. Destinasi kereta, dan lain sebagainya.

Tetapi terlepas dari itu, Indonesian Train Simulator ini cukup mendapatkan nilai yang baik yakni 80 dari 100. Nah, bila Gadgeteers tertarik untuk memainkannya. Dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

 WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com