Asus Fonepad 8 merupakan tablet berukuran 8-inch dengan kemampuan menelpon dan sms. Ya, embel-embel “fone” pada nama tablet ini rupanya menegaskan bahwa tablet ini memiliki fungsi smartphone, terlebih dengan adanya dukungan dual SIM yang semakin mempermudah para pengguna untuk mengintegrasikan kebutuhan menelpon, sms, internet, serta kenyamanan browsing dalam sebuah tablet.

Tablet dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat ini memiliki dimensi sebesar 210 x 120 x 8.9 mm. Cukup tipis memang dan bezelnya juga lumayan ramping. Kualitas bodi dibuat dengan sangat rapi dan presisi. Terasa nyaman ketika memegang tablet ini karena cukup ringan dan bagian belakang bodi dibalut dengan lapisan yang kesat sehingga terdapat grip yang kuat ketika tangan menggenggamnya. Peletakan tombol juga cukup ergonomis dan dapat dijangkau tangan dengan mudah.

Asus-fonepad-8-Desain-GG

Layar 8-inch yang diusung tablet ini memiliki resolusi 1280 x 800 pixel dengan kerapatan pixel 189 ppi. Tidak terlalu tajam memang namun tetap sedap untuk dipandang mata. Terdapat fitur bernama splendid di mana Gadgeteers dapat mengatur temperatur warna layar, hue, saturation dan vivid yang tentunya sangat bermanfaat bagi Gadgeteers yang ingin mengkustomisasi warna layar dengan karakter tertentu. Satu hal lagi yang menarik yaitu adanya fitur reading mode yang membuat layar menjadi sedikit kekuningan ketika diaktifkan. Fitur ini tampaknya bertujuan untuk membuat layar menjadi lebih nyaman untuk berlama-lama dilihat mata ketika sedang membaca.

Kekurangan yang ada pada layar Asus Fonepad 8 adalah layarnya sangat reflektif, terutama bila digunakan untuk kegiatan outdoor. Untungnya, tingkat kecerahan layar dapat dimaksimalkan sehingga mampu mengimbangi terpaan sinar matahari dan tetap menjaga visibilitas layar. Disarankan untuk segera memasang screen guard anti jejak sidik jari ketika memiliki tablet ini agar layar dapat tetap bersih dari kotoran dan minyak.

Asus-fonepad-8-Kotor-GG
Asus Fonepad 8 ditenagai Prosesor Intel Atom Z3530 Quad Core berkecepatan 1.33GHz serta RAM 2 GB. Jeroan seperti ini mampu menghasilkan skor benchmark Antutu sebesar 30 ribuan dan Nenamark 60an FPS. Cukup tinggi untuk ukuran sebuah tablet dan hal ini tercermin pula dengan user experience yang dihasilkan. Membuka dan menutup aplikasi terasa mulus, begitu pula dengan multitasking dapat berjalan cukup lancar.

Bagaimana dengan performa untuk gaming? Game 3D dengan detil grafis yang memukau seperti Riptide GP2 dapat berjalan mulus dengan performa yang stabil. Game Nova 3 juga dapat berjalan dengan cukup lancar namun terkadang terdapat sedikit stutter atau lag, walau jarang. Overall Asus Fonepad 8 dapat diandalkan untuk urusan gaming 3D.

Asus-fonepad-8-Game-GG
Tablet ini dilengkapi dengan custom user interface khas Asus yakni ZenUI. Melalui ZenUI kita dapat sedikit mengkustomisasi tampilan mulai dari mengubah animasi transisi antar home screen & app drawer, mengganti icon-icon aplikasi dan lain-lain. Seperti yang ada pada Zenfone, ZenUI pada Fonepad 8 ini didesain dengan cukup user friendly terlebih dengan adanya fitur easy mode di mana tampilan akan berubah menjadi sangat minimalis sehingga para pengguna awam pastinya dapat mengoperasikan tablet ini dengan mudah

Fitur-fitur bermanfaat dari Asus juga tersematkan ke dalam tablet ini seperti fitur back up, file manager, ZenLink dan masih banyak lainnya. Fitur menarik yang patut dibahas adalah ZenLink. Dengan Zenlink kita dapat dengan mudah bertukar data antar perangkat Asus lainnya serta PC. Fitur ini tentunya mampu meningkatkan produktivitas sang pengguna.

Asus-fonepad-8-ZenUI-GG

Kualitas audio yang dihasilkan Asus Fonepad 8 terbilang cukup mumpuni. Loud speaker dapat menghasilkan kualitas suara yang merdu karena adanya dual speaker yang terletak di permukaan atas tablet. Kualitas suara yang dihasilkan dari lubang audio mampu mengeluarkan suara yang memanjakan telinga. Adanya audio wizard dari Asus juga dapat meningkatkan kualitas suara menjadi lebih ciamik di mana kita dapat menentukan karakter audio yang dihasilkan ketika kita sedang mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dsb.

Asus Fonepad 8 memiliki kamera dengan resolusi 5MP di belakang dan 2MP di depan. Keduanya tidak dilengkapi lampu flash sehingga kualitas foto yang dihasilkan khususnya di tempat minim cahaya tidak dapat diandalkan karena tingginya noise yang ada pada hasil jepretan. Absennya flash dapat dimaklumi mengingat perangkat ini adalah sebuah tablet. Namun ketika memotret untuk outdoor atau dalam ruangan dengan cahaya melimpah, kualitas foto yang didapatkan cukup bagus terlebih dengan hadirnya fitur HDR yang mampu meningkatkan kualitas foto. Untuk hasil video tergolong biasa saja, cukup untuk everyday use.

Asus-fonepad-8-battery-GG

Battery life Asus Fonepad 8 ketika salah satu SIM card diaktifkan dan digunakan sebagai sumber koneksi internet utama dapat memberikan ketahanan baterai hingga satu setengah harian dengan screen on sekitar 5 jam-an. Terbilang cukup awet memang, apalagi bila tablet ini hanya digunakan dengan WiFi saja tanpa SIM card, daya tahan baterai pasti lebih lama lagi.

Kesimpulannya, Asus Fonepad 8 sangat layak untuk dimiliki dan cocok bagi Gadgeteers yang menginginkan tablet dengan kapabilitas smartphone dengan performa dan build quality yang baik. Dibanderol dengan harga Rp2.5 jutaan, Asus Fonepad 8 merupakan best value tablet di pasaran Indonesia pada saat ini.

Spesifikasi Asus Fonepad 8 (FE380CG)
1.33GHz 64-bit quad-core Intel Atom Z3530, 2GB RAM, 16GB storage, 5MP rear camera with autofocus & 720p video recording + 2MP front camera, WiFi b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS/GLONASS/A-GPS, up to 64GB microSD slot, 2x HSPA+ microSIM card slot, 12 hours Li-Po battery life, 8-inch (1280×800) IPS, Android 4.4 KitKat

Sensor : G-Sensor, Proximity, Light sensor, E-compass, Hall sensor
Dimensi : 120x214x8.9mm (WxDxH)
Bobot : 310 g
Harga resmi : Rp2.599.000
Isi kotak penjualan : Adapter & Power plug, kabel USB, buku petunjuk penggunaan, kartu garansi


Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.