Tabulet adalah salah satu merek tablet lokal yang paling aktif menambah portofolio tabletnya sepanjang tahun 2012. Awal bulan November lalu bertepatan dengan IndoComtech di JCC Senayan, Tabulet resmi meluncurkan Beat Duos, sebuah tablet Android 4.0 ICS 7-Inch murah yang ditujukan untuk bermain games. Seperti apa produknya? Minggu lalu GadgetGaul.com mendapatkan kesempatan untuk mengulas Tabulet Beat Duos. Berikut ulasannya..

Tampilan Fisik

Meskipun menggunakan bahan dasar plastik, kesan pertama yang diperoleh saat melihat fisik Tabulet Beat Duos adalah cukup elegan untuk sebuah tablet dengan harga di bawah Rp1.5jt. Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan warna coklat tua pada seluruh tubuhnya dan gerigi halus di bagian belakang casing.

Untuk memegang Tabulet Beat Duos secara vertikal sebaiknya kita gunakan 1 tangan karena bingkai di kiri kanan layar terlalu sempit untuk menopang jari saat kita pegang dengan 2 tangan. Karena hanya dengan hanya 1 tangan, kita sudah dapat menggenggam tablet 7-Inch ini. Sedangkan jika kita pegang secara horizontal, bingkai di kiri kanan layar cukup lebar untuk menopang jari kita.

Layar

Dengan resolusi 1024×600 pixel, layar Tabulet Beat Duos sebesar 7-Inch ini mampu mengungguli resolusi tablet 7-Inch lain di kelasnya yang biasa hanya mengusung resolusi 800×480 pixel. Untuk memainkan video HD layar ini sudah cukup terasa ketajaman maupun kontras layarnya meski untuk kecerahan masih terasa kurang.

Dalam keadaan tidak menyala, layar Beat Duos berwarna keunguan seperti film negatif, mungkin ini merupakan anti glare yang disebutkan oleh Tabulet. Mungkin juga untuk meredam cahaya yang masuk karena meski wajah Gadgeteers akan terpantul dengan cukup sempurna di kaca, konten di layarnya masih bisa terlihat selama Gadgeteers mengatur posisi kecerahannya di tingkat tertinggi.

Antar Muka

Tabulet Beat Duos berjalan dengan sistem operasi Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich. Seperti tablet lain sekelasnya, hampir tidak ada perubahan antar muka secara signifikan. Lock screen-nya mempunyai akses pintas langsung ke kamera. Lock screen Android 4.0 Ice Cream Sandwich dapat diganti dengan slide, pattern, PIN atau password namun sayang Face Unlock tidak tersedia di tablet ini.

Homescreen terdiri dari beberapa layar home yang tersusun secara horizontal. Gadgeteers dapat mengganti wallpaper, menambah widget maupun akses pintas. Di bagian paling bawah layar terdapat 3 ikon pengganti tombol fisik yaitu Back, Home dan Task Switcher. Pada Tabulet Beat Duos ini yang tampil adalah jam, kekuatan signal WiFi, indikator baterai dan setting. Sementara menu utama terdiri dari 2 kategori yakni Apps dan Widget dengan susunan 6×4 yang tersusun secara alfabet.

Ada fitur menarik yang terdapat pada Setting bagian System Tabulet Beat Duos, yakni opsi mengatur kinerja CPU berdasarkan 3 pilihan mode: Normal, Performance atau Power saving. Pilih Power Saving jika Gadgeteers ingin menghemat baterai saat tak dapat menemukan sumber listrik untuk mengisi ulang. Pilih Perfomance jika Gadgeteers butuh kinerja lebih seperti saat bermain atau menonton video namun akan banyak menghabiskan daya baterai. Pilih Normal untuk kinerja dan penggunaan baterai yang seimbang.

Multimedia

Tabulet Beat Duos dilengkapi dengan banyak codec untuk video sehingga Gadgeteers tidak perlu lagi repot mengubah format video ke format lain yang diminta tablet. Mulai dari format .mp4, .mkv, .avi, .mov, .wmv, flv hingga video hasil kopi dari Bluray dengan format .m2ts dapat terputar dengan lancar. Subtitle dengan file tambahan .srt dapat tampil namun untuk subtitle yang telah ada langsung pada file video tidak tampil. Masalah ini dapat diakali dengan memakai aplikasi pemutar video pihak ketiga.

Adapun kekurangan pemutar video bawaan pada Tabulet Beat Duos adalah aplikasi ini kurang praktis karena tidak secara otomatis membaca semua file video dalam tablet namun Gadgeteers harus menjelajahi file explorer dahulu. Kelebihannya adalah adanya HDMI untuk output video ke layar yang lebih besar dan kemampuan memutar video yang berasal dari USB flash disk atau USB hard disk dengan USB on the go.

Kamera

Mengingat posisinya sebagai tablet untuk bermain game, GadgetGaul.com dapat mengerti saat Tabulet tidak memasang kamera belakang pada Beat Duos. Satu-satunya kamera yang ada pada tablet ini adalah kamera depan dengan resolusi VGA yang hanya dilengkapi dengan kemampuan digital zoom.

Baterai

Dengan kapasitas 3200mAh, baterai Tabulet Beat Duos ini dirancang mampu untuk bertahan selama lebih kurang 4-8 jam. GadgetGaul.com mencoba bermain game Pro Evolution Soccer 2012 selama 30 menit dan indikator baterai berkurang 12% yang artinya baterai Tabulet Beat Duos ini memang sanggup bertahan lebih dari 4 jam untuk bermain game.

Pengisian baterai Tabulet Beat Duos relatif cepat. Dari dalam keadaan baterai kosong hingga terisi 35% membutuhkan waktu tepat 1 jam. Dengan demikian untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh 100% membutuhkan waktu sekitar 171 menit atau 1 jam 51 menit.

Penggunaan terus menerus selama lebih dari 30 menit juga akan menimbulkan efek panas di bagian belakang kanan tablet meski masih dalam batas toleransi jari-jemari yang memegangnya.

Spesifikasi Teknis

Processor : Dual-core Scorpio A9 up to 1.5Ghz
Memory : 1GB DDR3
Storage : 8GB
GPU : Dual-core Mali 400 3D
Connectivity : WiFi & (Optional) External USB 3G Modem
Camera : Front VGA with Digital Zoom
Display : 7-Inch TFT HD Capacitive Antiglare Technology (1024×600)
Slot : MicroUSB (Support OTG), HDMI & MicroSD Card
Battery : 3200mAh (4-8 hours)
Operating System : Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich

Paket Penjualan

  • Tabulet Beat Duos
  • Charger
  • Kabel data MicroUSB to USB
  • Buku petunjuk penggunaan
  • Lembar garansi
  • Stiker Tabulet

Hal Menarik :

1)      Desain fisik yang cukup elegan untuk tablet sekelasnya

2)      Banyak format video yang dapat dimainkan langsung

3)      Mampu memainkan banyak game terkenal dengan lancar

Hal Mengecewakan :

1)      Tidak dapat mengunduh Twitter dari Google Play

2)      Youtube dari Google Play dapat diunduh dan terinstall namun saat dibuka akan crash

3)      Suara yang dihasilkan speaker relatif kecil

Skor akhir : 7 dari 10Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.