Setiap tahun semua vendor gadget terkemuka di seluruh dunia selalu mengeluarkan gadget baru dengan berbagai kecanggihannya yang hampir selalu membuat kita kagum dengan harga yang membuat sebagian dari kita hanya mampu membayangkan benda-benda bermanfaat lainnya yang dapat kita beli dibandingkan dengan mengeluarkan uang untuk membayar gadget dengan harga setinggi itu.

Berikut adalah prinsip keuangan dasar yang harus dipatuhi sebelum membeli gadget baru supaya keuangan pribadi kita tetap sehat dan gadget baru tetap bisa didapatkan :

1) Beli gadget baru saat butuh
Kebutuhan beda dengan keinginan. Kecuali kita memang punya uang lebih, jangan membeli gadget hanya pengen / naksir / suka dengan fitur dan spesifikasi keren yang ditawarkan. Percayalah tahun depan akan muncul gadget dengan fitur dan spesifikasi yang (jauh) lebih keren dengan harga yang kurang lebih sama. Beli gadget baru hanya pada saat butuh misalnya gadget yang sebelumnya hilang atau rusak.

2) Beli gadget untuk kegiatan produktif
Ada kegiatan produktif, ada kegiatan konsumtif. Kecuali kita memang punya uang lebih, jangan membeli gadget hanya untuk kebutuhan konsumtif seperti bermain game, nonton video dan/atau mendengarkan musik. Kegiatan produktif adalah semua aktivitas yang menghasilkan suatu karya yang baik secara langsung atau tidak akan juga mendatangkan uang bagi kita.

3) Jangan beli gadget dengan cicilan
Berbeda dengan harga emas yang cenderung naik, harga gadget cenderung turun seiring berjalannya waktu. Hal inilah yang menjadi dasar bagi banyak penasehat keuangan memberikan rekomendasi membeli gadget dengan tunai dan bukan dengan cicilan jenis apapun baik melalui kartu kredit maupun kredit dari lembaga keuangan. Satu-satunya pengecualian dalam hal ini adalah ketika ada penawaran menarik yang diberikan saat kita bersedia membayar gadget yang kita beli tersebut dengan cicilan misalnya dapat bonus atau diskon dengan nilai signifikan (Umumnya 5% dari harga gadget atau lebih).

featured image via sheknows.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.