2013 telah menjadi tahun yang cukup menarik bagi perkembangan gadget. Selain iPhone 5s, Samsung GALAXY S4 dan LG G2 yang menjadi buah bibir penggemar gadget di seluruh dunia, munculnya penyedia layanan LTE pertama di Indonesia pada pertengahan November 2013 mengejutkan banyak kalangan pencinta gadget di tanah air. Apa yang akan terjadi di 2014? Berikut prediksi @GadgetGaul.

INTERNASIONAL

1) Kamera depan smartphone akan berkembang
Selfie adalah foto diri sendiri (atau bersama beberapa orang lainnya) yang dipotret oleh diri sendiri. Pada 19 Oktober 2013 kamus Oxford mengumumkan selfie menjadi “
international Word of the Year 2013” yang adalah gelar untuk kata yang paling menarik perhatian dunia sepanjang tahun tersebut karena penggunaan kata tersebut mengalami pengingkatan hingga 17.000% dibandingkan dengan waktu yang sama pada tahun sebelumnya.

Obama-PopeFrancis-Selfie-GGgambar via jambonewspot.com + barakonews.blogspot.com

Selfie tidak hanya dilakukan oleh orang-orang biasa namun juga oleh pemimpin-pemimpin dunia seperti Barack Obama dan Paus Fransiskus. Tongkat narsis atau lebih dikenal dengan tongsis yang berfungsi untuk mempermudah sesorang melakukan selfie pun jadi salah satu produk yang pertama kali muncul sejak aktivitas ini menjadi demikian populer pada tahun 2013 lalu. Jika selama ini vendor smartphone hanya berfokus untuk mengembangkan kamera belakang maka 2014 adalah saat yang sangat tepat bagi vendor smartphone untuk menjadikan kecanggihan kamera depannya sebagai salah satu nilai jual.

2) Perangkat berprosesor 64-bit menjadi lazim
Beberapa waktu lalu Chief Marketing Office (CMO) Qualcomm sempat mengatakan bahwa prosesor 64-bit di iPhone 5s hanyalah sebuah istilah marketing karena ponsel tersebut hanya menggunakan 1GB RAM sementara prosesor 64-bit hanya akan berguna jika ponsel tersebut memiliki RAM sebesar 4GB atau lebih. Menariknya adalah ketika dilakukan tes benchmark terhadap iPhone 5s dengan prosesor dual core 1.3GHz 64-bit dan RAM hanya 1GB mampu mengungguli kinerja prosesor ponsel lain dengan prosesor quad core 2GHz 32-bit dan RAM 2GB.

Desember 2013 lalu Qualcomm memperkenalkan prosesor Snapdragon 410 yang merupakan prosesor 64-bit pertama mereka. Snapdragon 410 merupakan prosesor andalan Qualcomm untuk ponsel atau tablet murah dengan harga sekitar US$150 (sekitar Rp1.8 juta). Qualcomm memperkirakan perangkat dengan prosesor Snapdragon 410 akan mulai dirilis ke pasar pada semester ke-2 tahun ini.

Selain Qualcomm, perusahaan chip lain seperti Intel, nVidia dan Broadcom juga dikabarkan sedang mengembangkan prosesor 64-bit yang akan mulai diperkenalkan di ajang Consumer Electronic Show (CES) pada 7-10 Januari 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat. Jika semua hal itu terwujud maka sebelum tahun 2014 berakhir ponsel atau tablet dengan prosesor 64-bit akan menjadi perangkat yang lazim digunakan sehari-hari dan hal itu juga berarti pada tahun-tahun berikutnya kita akan mulai terbiasa melihat ponsel atau tablet dengan kapasitas RAM 4GB atau lebih.

3) 4K terus berkembang tapi belum akan populer
4K atau juga sering disebut dengan Ultra HD adalah resolusi 4x lipat Full HD. Kendati pada September 2013 Acer telah meluncurkan Liquid S2, ponsel pertama dengan kemampuan merekam video berkualitas 4K, ponsel yang dapat menampilkan video pada resolusi tersebut belum ada. Samsung sendiri baru berencana akan membuat ponsel dengan resolusi 4K pada tahun 2015.

Youtube berencana untuk menayangkan video 4K untuk pertama kali di 2014 pada ajang CES di Las Vegas. Rencana tersebut didukung oleh Google VP9, sebuah codex bebas royalti sebagai alternatif terhadap codex H.265 yang telah lazim digunakan para penyedia perangkat keras dan lunak untuk menampilkan video 4K selama ini. Codex Google VP9 menjanjikan mereka untuk mampu menayangkan konten HD dan video streaming dengan lebih cepat dari sebelumnya.

Hingga saat ini tayangan 4K hanya dapat dinikmati segelintir orang pada pesawat TV dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Beberapa merek terkenal malah ada yang menawarkan pesawat TV 4K-nya hingga seharga ratusan juta rupiah. Sekalipun memiliki video 4K yang tersimpan pada hard disk, kita membutuhkan konektivitas kabel HDMI 2.0 yang mampu menampilkan 60 frame per detik. Standar HDMI 2.0 sendiri baru diperkenalkan pada awal kuartal terakhir 2013 jadi untuk ketersediaan produknya di pasar masih butuh waktu yang lebih lama.

4) Pilihan wearable gadget akan semakin banyak
Pada tahun 2013 Pebble, Samsung GALAXY Gear dan Sony Smartwatch setidaknya telah berhasil membangkitkan gairah industri jam tangan cerdas
meski mereka belum selaris penjualan ponsel atau tablet. Di ajang Consumer Electronic Show (CES) yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat pada 7-10 Januari mendatang, beberapa nama baru di industri jam tangan cerdas seperti Kronoz, Cookoo, Sonostar, Metawatch, Archos, Burg dan Pine akan tampil percaya diri dengan menawarkan keunggulan masing-masing.

Kronoz-Zenano-GGgambar via macrumors.com

Pertama kali diperkenalkan pada 2012 silam Google Glass berhasil menjadi salah satu dari penemuan terbaik tahun tersebut versi majalah Time. Rencananya perangkat ini baru akan mulai dipasarkan secara resmi ke konsumen mulai 2014 dengan harga US$1,500 (sekitar Rp18.3 juta). Kendati belum secara resmi dipasarkan Google Glass telah melahirkan industri kaca mata cerdas dengan munculnya beberapa pesaing pada CES 2014 seperti Epson, Vuzix dan GlassUp.

Samsung digosipkan akan merilis GALAXY Gear 2 dan GALAXY Band pada Februari 2014 di ajang Mobile World Congress yang akan berlangsung di Barcelona, Spanyol. Selain itu tidak sedikit orang yang masih menantikan Apple akan merilis iWatch tahun ini. Kompetisi wearable gadget tampaknya akan semakin memanas di 2014.

5) Tizen jadi kuda hitam
Sistem operasi perangkat perangkat bergerak berbasis Linux buatan Samsung, Intel dan beberapa perusahaan teknologi informasi ternama dunia lainnya ini pertama kali muncul ke permukaan pada September 2011. Sejak saat itu hingga akhir 2013 Tizen terus dikembangkan tanpa satupun peluncuran ponsel atau tablet ke pasar dengan sistem operasi perangkat bergerak tersebut. Konon Samsung akan merilis perangkat Tizen untuk pertama kalinya 1 hari menjelang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona pada 24-27 Februari mendatang.

Pada pidato tahun baru 2014 chairman Samsung Electronics, Lee Kun-Hee memberikan pengarahan bagi perusahaan yang dipimpinnya untuk mulai meninggalkan strategi dan model bisnis yang terlalu berfokus pada perangkat keras. Selama ini kekuatan Samsung memang terletak pada kemampuannya untuk meriset, mengembangkan dan memproduksi perangkat keras yang relatif lebih cepat dan murah dibandingkan para kompetitornya. Rasanya tidak terlalu berlebihan jika @GadgetGaul memprediksi Tizen akan menjadi kuda hitam di industri perangkat bergerak pada tahun 2014.

NASIONAL

1) Memasuki era LTE
Koneksi seluler generasi ke-4 yang menjanjikan kecepatan unduh hingga 100Mbps dan unggah hingga 75Mbps ini begitu dinantikan banyak pengguna gadget di tanah air. Meski belum ada jaringan yang tersedia, perangkat LTE sendiri mulai hadir di tanah air sejak pertengahan 2012 yang didominasi oleh ponsel dan tablet kelas atas. Ketika Qualcomm merilis Chipset Snapdragon 410 dengan LTE pada Desember 2013 lalu maka kita tahu bahwa paruh ke-2 tahun 2014 akan hadir ponsel atau tablet LTE dengan harga sekitar US$150 (Sekitar Rp1.8 juta).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memperkirakan layanan LTE baru akan siap diimplementasikan di Indonesia paling cepat pada kuartal ke-3 tahun 2014 setelah usai melakukan penataan frekuensi LTE versi time-division duplex (TDD) 2.300MHz. Sementara penataan frekuensi LTE versi frequency-division duplex (FDD) 1.800MHz sendiri diperkirakan baru akan selesai pertengahan 2015. Gadgeteers di Jabodetabek telah lebih dahulu merasakan koneksi LTE TDD 2.300MHz dengan hadirnya layanan Bolt! Oleh PT Internux.

2) Maraknya Ponsel Android QWERTY
Kehadiran BBM di Android membawa berkah tersendiri bagi para vendor ponsel Android lokal di tanah air dengan peningkatan penjualan produk mereka tidak lama setelah salah satu aplikasi chat paling populer di Indonesia itu muncul. Tidak cukup hanya memasang iklan dengan tulisan “BBM ready” dan menawarkan BBM pre-install di ponsel Android mereka, para vendor ponsel Android lokal Indonesia telah dan tengah menghadirkan ponsel dengan keyboard QWERTY fisik untuk meningkatkan penjualan mereka.

Cyrus-Chat-BBM-GG

3) Akhir era CDMA
a) Dengan jumlah pelanggan dan pendapatan yang terus menurun, Telkom Flexi memutuskan untuk menjual 4.000 BTS dan memindahkan 11.6 juta pelanggannya ke layanan GSM Telkomsel.
b) Jumlah pelanggan Starone yang turun dari 300.000 lalu merosot drastis menjadi 3.000 membuat Indosat mengambil keputusan untuk menutup Starone dan mengoper pelanggannya untuk menggunakan layanan GSM Indosat.
c) Laporan keuangan kuartal III tahun 2013 Esia menunjukan perusahaan merugi hingga Rp1.5 Triliun. Mereka pun terpaksa mengurangi operasional sejumlah BTS-nya setelah dicabut oleh penyedia menara.
d) Smartfren juga mengalami peningkatan kerugian sekitar 52% dari sebelumnya Rp1.01 triliun menjadi Rp1.54 triliun pada tahun 2013. Meski demikian, Smartfren dengan ponsel Andromax-nya sukses menggeser Blackberry sebagai ponsel paling laris no. 2 di Indonesia tahun 2013. Konon kini Smartfren tengah mengambil ancang-ancang untuk bermigrasi ke LTE di frekuensi 2.300MHz.

featured image via dailymail.co.uk

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.