Manusia selalu tertarik mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan mulai dari sekadar ingin tahu hingga ingin menentukan langkah yang akan diambil berikutnya. Gadget adalah salah satu bidang di mana banyak manusia senantiasa bersemangat untuk membuat dan mencari tahu ramalan, gosip dan prediksi. Berdasarkan informasi yang kami himpun dari berbagai sumber, inilah prediksi tren gadget 2013 GadgetGaul.com :

 Internasional

1) Meluasnya penggunaan Near Field Communication (NFC)

Munculnya tren suatu teknologi gadget baru saat ini biasa dipelopori oleh Apple. Near Field Communication (NFC) mungkin akan jadi satu anomali di mana meski teknologi ini belum diadaptasi oleh satupun gadget Apple hingga kini, penggunaan NFC di tahun 2013 akan berkembang dengan pesat berkat produsen chip Broadcom yang akhir tahun 2012 lalu dikabarkan tengah membuat sebuah chip yang memiliki fungsi NFC, WiFi, Bluetooth dan FM Radio.

Dengan mempersatukan 4 fungsi tersebut dalam sebuah chip, Broadcom dapat mengurangi harga keseluruhan jika chip itu dijual satu per satu yang tentunya nanti akan berdampak pada harga jual gadget. Chip yang mulai akan dipasarkan Broadcom pada awal 2013 ini diharapkan mampu mendorong angka penjualan gadget ber-NFC hingga 3.5 milliar unit hingga 5 tahun ke depan.

2) Wireless charging belum populer

Merek-merek gadget ternama dunia pada tahun 2012 seperti Samsung Galaxy SIII dan Nokia Lumia 920 telah mulai untuk mengadaptasi pengisian baterai nirkabel (wireless charging) . Teknologi pengisian baterai nirkabel yang populer saat ini untuk mengisi baterai gadget, kita harus menaruh gadget di atas sebuah tatakan yang dihubungkan ke stop kontak listrik menggunakan kabel yang disebut sebagai charging pad. Intel digosipkan akan merilis ultrabook yang mampu mengisi baterai ponsel saat diletakan di manapun dekat ultrabook tersebut pada paruh kedua 2013 nanti.

Meski teknologi pengisian baterai telah demikian maju namun mimpi banyak orang untuk hidup tanpa kabel tampaknya masih harus tertunda di tahun 2013 ini. Menurut GadgetGaul.com, teknologi pengisian baterai nirkabel masih belum akan menemukan momentum kepopulerannya hingga muncul teknologi pengisian baterai nirkabel yang membuat pengguna dapat mengisi baterai gadget tanpa harus meletakan gadgetnya pada posisi tertentu sama bebasnya seperti ketika pengguna menikmati kebebasan internet nirkabel.

3) Netbook ditinggalkan, ultrabook murah akan tersedia

Asus dan Acer, 2 produsen besar dan pionir netbook telah menyatakan akan menghentikan produksi netbook mereka mulai 1 Januari 2013. Langkah yang bukan tidak mungkin akan segera diikuti oleh vendor-vendor netbook lainnya pada kuartal kedua atau ketiga 2013 nanti. Menurunnya pasar netbook dunia sejak kuartal pertama 2010 yang disusul terlampauinya pasar netbook oleh tablet pada tahun berikutnya ditengarai menjadi salah satu penyebab berhentinya produksi netbook oleh Asus dan Acer pada awal tahun ini.

Ultrabook dirancang sebagai laptop tipis dan ringan tanpa mengurangi performa komputasi dan daya tahan baterai. Sebagai gagasan Intel, ultrabook diwajibkan menggunakan prosesor hemat energi Intel, penyimpanan menggunakan solid state disk (SSD) dan badan laptop yang terhubung jadi satu kesatuan (unibody). Untuk mengejar ketipisan maka optical drive (DVDRW) dan ethernet (LAN) port dikorbankan. Sebagai catatan SSD memiliki performa lebih baik dan lebih tahan terhadap benturan dibandingkan dengan hard disk (HDD)

Di Indonesia saat ini ultrabook masih dipasarkan mulai harga Rp7.5jt ke atas di mana sebagian besar ultrabook masih dipasarkan di harga Rp9jt-an. Harga ini tentu masih terlalu tinggi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di mana sebagian besar laptop yang laku di pasar consumer Indonesia adalah laptop dengan harga di bawah Rp5jt. Harga tinggi ultrabook ini tidak lepas dari masih tingginya harga SSD di tahun 2012 silam. Meluasnya penggunaan SSD di kuartal pertama dan kedua tahun 2013 mendatang ini diharapkan akan meneruskan tren penurunan harga SSD hingga pada kuartal ketiga 2013, konsumen sudah dapat menikmati ultrabook murah dengan harga di bawah Rp5jt.

4) Serat karbon mulai banyak digunakan menjadi bahan gadget high-end

Serat karbon pertama kali dipopulerkan pengunaannya pada badan pesawat terbang. Pengunaan serat karbon dimaksudkan untuk membuat badan pesawat terbang menjadi lebih ringan namun tetap kuat. Belakangan serat karbon sudah digunakan sebagai bahan badan gadget untuk mendapatkan gadget yang kuat dan ringan. Dengan persaingan yang semakin ketat di 2013, kami memprediksi akan lebih banyak gadget kelas atas yang akan menggunakan serat karbon sebagai bahan dasar badannya.

5) Ponsel layar fleksibel pertama akan dirilis ke pasar

Layar ponsel flexibel telah dipamerkan oleh Samsung sejak 2011 silam namun tidak langsung diwujudkan dalam sebuah produk baik di tahun 2011 ataupun 2012 lalu. Seorang petinggi Samsung pada Maret 2012 pernah menyatakan bahwa produk dengan layar fleksibel akan segera hadir dalam jangka waktu lebih kurang 1 tahun. Prioritas pertama adalah ponsel. Kesuksesan ponsel layar fleksibel tersebut akan mendorong Samsung untuk memproduksi gadget lain seperti tablet atau TV dengan layar fleksibel.

Indonesia

1) Masih belum ada jaringan 4G LTE, WiMax kerja keras

Menkominfo Tifatul Sembiring pada April 2012 lalu telah menyatakan bahwa mereka akan memberi garansi waktu bagi perusahaan yang telah berinvestasi di WiMax untuk berkembang hingga tahun 2013 sebab kemunculan jaringan 4G LTE diyakini akan jadi lebih populer dibandingkan dengan jaringan WiMax.

2) Apple (akhirnya) buka kantor di Indonesia

Setelah 2012 lalu Apple membuka iTunes Store untuk Indonesia dan penggunaan mata uang harga aplikasi AppStore Indonesia dari yang biasanya Dollar Amerika menjadi Rupiah serta pembukaan lowongan kerja untuk Indonesia, beredar gosip panas bahwa Apple telah memiliki kandidat yang akan menjabat sebagai head of marketing di Indonesia dan akan mengumumkan kantor perwakilannya pada tahun 2013. Jika benar demikian maka dibutuhkan waktu 12 tahun bagi Apple sejak kemunculan Apple Authorised Reseller pertama di Indonesia untuk membuka kantor perwakilan resminya.

3) Pangsa pasar ponsel cerdas meningkat, ponsel lokal murah masih menguasai Indonesia

Market Analyst IDC pada November 2012 lalu menyatakan dari 15,5 juta unit ponsel yang dikapalkan ke pasar Indonesia pada kuartal ketiga 2012, hanya 12.67 persennya atau sekitar 2 juta unit datang dari kategori ponsel cerdas. IDC juga memprediksi angka pangsa pasar ponsel cerdas naik menjadi 22 persen dari total pengapalan ponsel sepanjang 2013 nanti hingga akhir tahun.

4) Blackberry 10 dan Windows Phone 8 akan jadi kuda hitam

GadgetGaul.com yakin kedua platform ini akan disukai dan mampu bersaing menjadi platform alternatif Android dan iOS di tahun 2013 ini. Keseriusan RIM mempersiapkan Blackberry 10 sepanjang tahun 2012 silam hingga peluncurannya pada akhir Januari 2013 mendatang kami yakini mampu memikat hati banyak penggemar setia Blackberry di Indonesia yang merupakan salah satu basis pengguna Blackberry terbesar di dunia. Beberapa merek gadget ternama dunia telah dikabarkan akan merilis Windows Phone 8 di Indonesia pada awal 2013 ini dan ditambah dengan kemudahan untuk berintegrasi dengan sistem operasi komputer Windows 8 menjadikan perangkat Windows Phone 8 sebagai salah satu kompetitor serius Android dan iOS di tahun 2013 ini.

5) Bring Your Own Device (BYOD)

BYOD adalah istilah yang akan populer pada 2013. BYOD dapat diartikan bagaimana pengguna di Indonesia membawa peralatan elektronik pribadinya ke tempat kerja. Menurut IDC, 52% pengguna berencana untuk meningkatkan mobilitas mereka dengan membawa gadget pribadi mereka ke kantor. Sementara 44% di antara angka tersebut mengaku sedang mencari perangkat tepat untuk bisa diajak bekerja dengan tetap tunduk pada kebijakan sistem keamanan di perusahaan tempat mereka bekerja.

Kamu tidak setuju atau punya prediksi tren gadget 2013 lainnya? Sampaikan di kolom komentar di bawah tulisan ini. GadgetGaul.com sangat ingin mengetahuinya..

featured image via dailymail.co.uk

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.