Google merilis update Android 4.3 Jelly Bean pada 24 Juli 2013 silam bersama dengan peluncuran generasi terbaru tablet Nexus 7 yang memperoleh peningkatan spesifikasi signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain tablet baru tersebut, inilah daftar tablet dan ponsel yang sudah dipastikan oleh vendornya akan memperoleh update versi sistem operasi ke Android 4.3 Jelly Bean :

1) Nexus 7 (2012)
2) Nexus 4
3) Nexus 10
4) Samsung Galaxy Nexus
5) Galaxy S4 Google Play Edition
6) HTC One Google Play Edition
7) Sony Xperia Z
8) Sony Xperia ZL
9) Sony Xperia ZR
10) Sony Xperia Tablet Z
11) Sony Xperia SP
12) Sony Xperia Z Ultra

Kapan? Pemilik ponsel dan tablet Nexus di seluruh dunia sudah langsung mendapatkan kesempatan update Android 4.3 over the air tidak lama setelah hari pengumumannya. Google menjanjikan Samsung Galaxy S4 & HTC One Google Play Edition akan segera mendapatkan update Android 4.3 ini tanpa menyebutkan tanggal pastinya.

Satu-satunya vendor ponsel Android di luar Google yang sudah memastikan nama-nama ponsel dan tabletnya yang akan memperoleh update Android 4.3 hanyalah Sony. Meski demikian, produsen ponsel dan tablet Android asal Jepang ini juga masih belum menyebutkan tanggal pasti pengguna mereka akan mendapatkannya hingga kini.

Samsung, HTC dan LG sendiri belum dapat memberikan konfirmasi baik nama ponsel dan tablet maupun jadwal ketersediaan update Android 4.3 pada perangkat ponsel dan tablet mereka. Menilik pada pengalaman sebelumnya, Samsung pertama kali merilis perangkat Android 4.2 di Galaxy S4 pada bulan Maret 2013 sementara update versi Android tersebut telah tersedia sejak bulan November 2012 atau membutuhkan waktu lebih kurang 4 bulan. Vendor lain merilis perangkat update versi Android 4.2 beberapa waktu setelah itu. Kecepatan adopsi versi sistem operasi baru oleh pengguna pada perangkat Android biasa relatif lebih lambat dibandingkan dengan iOS yang biasa hanya memakan waktu dalam hitungan minggu.

Android-Share-July2013-GG

Menariknya Motorola, produsen ponsel Android asal Amerika Serikat yang beberapa waktu lalu telah resmi menjadi milik Google, juga belum memberikan pengumuman apapun mengenai nama ponsel yang akan mendapatkan update Android 4.3 maupun kepastian jadwal ketersediaannya. Saat ini Motorola sedang gencar digosipkan akan membidani ponsel Android pertama mereka yang dirancang bersama dengan tim Google yang terkenal dengan sebutan Moto X.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.