Google merilis Android 4.4 KitKat pada 31 Oktober 2013 lalu dan telah digunakan oleh 1.1% perangkat Android di seluruh dunia hanya berselang 1 bulan setelahnya. Angka ini menarik karena lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya Android 4.3 Jelly Bean yang membutuhkan waktu lebih dari 3 bulan untuk mencapai angka 1.5%.

Android-Distri-Dec2013-GG
Samsung, Sony, HTC dan LG telah mengumumkan daftar ponsel dan tablet mereka yang akan memperoleh update Android 4.4 KitKat secara resmi. Meski demikian, pengguna ponsel dan tablet yang ada dalam daftar tersebut harus menunggu. Berapa lama? Para vendor perangkat Android kelas dunia tersebut biasa hanya mengatakan, ”segera” atau perkiraan bulan rilis dan enggan memberikan tanggal pastinya.

Gadgeteers yang suka mengoprek perangkatnya sudah dapat mencicipi Android 4.4 KitKat dengan menggunakan beberapa customROM yang beredar seperti CyanogenMod dan OmniROM yang sayangnya hingga kini juga masih terbatas pada perangkat tertentu seperti Xperia Z, Xperia Z1, Xperia Z Ultra, Xperia T, Xperia V, Xperia ZR, Xperia ZL, HTC One dan Oppo N1. Biasakan backup terlebih dahulu sebelum mengoprek. Dalam proses pengoprekan tersebut garansi mungkin dapat hilang.

Nexus-4-7-gg
Cara lain untuk mencicipi Android 4.4 KitKat saat ini juga adalah dengan membeli Ponsel LG Nexus 4 atau Tablet Asus Nexus 7 WiFi. Saat ini di Indonesia Ponsel LG Nexus 4 dibanderol dengan harga resmi Rp4.999.000 sementara Tablet Asus Nexus 7 WiFi dibanderol dengan harga resmi Rp2.999.000. Harga jual sebenarnya akan bervariasi di setiap toko dan biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga resmi tersebut.

Saat pertama kali beli, Gadgeteers akan mendapatkan Ponsel LG Nexus 4 masih menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean sementara Tablet Nexus 7 masih menggunakan Android 4.1 Jelly Bean. Proses update ke Android 4.4 KitKat akan memerlukan waktu lebih kurang 20-30 menit tergantung kecepatan koneksi internet yang Gadgeteers gunakan.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.