Setelah melakukan pengembangan selama hampir 2 tahun, hari ini akhirnya Mozilla mengumumkan peluncuran ponsel pertama Firefox OS, ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire yang akan segera mulai dijual bebas dalam waktu dekat. Sebagai informasi, sebelum kedua ponsel ini muncul, Mozilla telah merilis Ponsel Firefox OS khusus pengembang (tidak dijual bebas) bernama Keon dan Peak.

ZTE Open akan mulai dipasarkan 2 Juli 2013 melalui operator seluler bernama Telefonica di Spanyol dengan harga yang sangat terjangkau yakni US$90 (Sekitar Rp900.000) untuk konsumen prabayar dan sudah termasuk pulsa US$39 (Rp390.000) serta sebuah MicroSD berkapasitas 4GB di dalamnya. Telefonica juga akan menghadirkan ponsel ini di Kolombia dan Venezuela dalam beberapa minggu ke depan.

ZTE_Open_GadgetGaul

Ketika Mozilla mengatakan bahwa Ponsel Firefox OS akan dipasarkan murah, kami tidak menyangka harganya akan semurah ini. Ponsel ZTE Open ditujukan untuk orang-orang yang ingin pindah dari ponsel biasa (featured phone) ke ponsel cerdas (smartphone) dan mereka yang memiliki dana terbatas namun ingin menggunakan ponsel cerdas. Kami yakin ketika ponsel berbasis Linux ini mulai dipasarkan di tanah air suatu saat nanti, banyak pengguna Android akan tertarik untuk mencobanya karena faktor harga.

Spesifikasi ZTE Open :
1GHz Qualcomm Snapdragon Processor, 256MB RAM, 512MB Storage, Adreno 200, 3.2MP Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio, 3.5-Inch (320×480, 165ppi) TFT Capacitive Touchscreen, 1.200mAh Li-Ion Battery, Firefox OS

ZTE_Open_Interface_GG

Ponsel Firefox OS akan memiliki Firefox Marketplace yang berbasis HTML5. Mirip dengan iOS AppStore dan Google Play, Firefox Marketplace merupakan tempat mengunduh beragam aplikasi baik lokal maupun global. Hingga kini Mozilla belum merilis jumlah aplikasi atau games yang telah tersedia di Firefox OS namun beberapa aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, Soundcloud, AccuWeather, CNNMoney, eBay, Wikipedia, TIME dan Poppit (game buatan EA) telah tersedia.

Selain ZTE dan Alcatel, Mozilla mengatakan mereka kini tengah bekerja sama dengan beberapa produsen ponsel lainnya seperti Huawei dan LG. Semua ponsel Firefox OS akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon. Negara yang dapat mencicipi ponsel ini pertama kali hanya Brazil, Kolombia, Hongaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol dan Venezuela. Hingga kini @GadgetGaul belum memperoleh informasi kapan Mozilla akan meluncurkan Ponsel Firefox OS resmi di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.