Keperkasaan ponsel Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry tidak lagi dapat terbendung. Mereka kerap menjadi 4 besar pangsa pasar ponsel dunia dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2013 ini hadir beberapa sistem operasi ponsel baru untuk menantang para jawara bertahan tersebut. Inilah mereka :

1) Firefox OS
25 Juli 2011, Dr. Andreas Gal, direktur penelitian Mozilla mengumumkan proyek bernama Boot to Gecko (B2G) di milis pengembang Firefox. Proyek Boot to Gecko ini yang pada Juli 2012 berganti nama menjadi Firefox OS. September 2012, analis Strategy Analytics memprediksi Firefox OS akan memperoleh 1% pangsa pasar ponsel cerdas dunia pada tahun di mana ponsel Firefox tersedia secara komersial untuk pertama kalinya, tahun 2013.

Hingga saat tulisan ini dipublikasikan, belum ada satu pun perangkat Firefox OS yang diluncurkan untuk umum. Kendati demikian, Mozilla mengklaim bahwa mereka telah memperoleh komitmen dari Huawei, LG dan ZTE untuk membuat perangkat Firefox OS. Sementara untuk para pengembang aplikasi, Mozilla telah merilis ponsel dengan Firefox OS bernama Keon dan Peak. Berikut gambar, spesifikasi dan harga ponsel tersebut :

Firefox-Keon-Peak-GG

Keon – €91 / ± Rp1.179.000
Qualcomm Snapdragon S1 7225AB 1Ghz, 512MB RAM, 4GB Internal Storage, WiFi N, 3MP Camera, Bluetooth 2.1 + EDR, GPS, FM Radio, MicroSD, Proximity Sensor, G-Sensor, 1580mAh Battery, 3.5-Inch HVGA Multitouch, Firefox OS

Peak – €149 / ± Rp1.932.000
dual-core Qualcomm Snapdragon S4 8225 1.2Ghz, 512MB RAM, 4GB Internal Storage, 8MP Rear Camera with Flash+ 2MP Front Camera, WiFi N, Bluetooth 2.1 + EDR, FM Radio, GPS, MicroSD, Proximity Sensor, G-Sensor, 1.800mAh Battery, 4.3-Inch qHD IPS Multitouch, Firefox OS

2) Jolla SailFish
Setelah Nokia memutuskan untuk meninggalkan MeeGo dan beralih ke Windows Phone, direktur dan para profesional inti yang mengembangkan ponsel Nokia N9 meninggalkan perusahaan tersebut lalu membentuk Jolla pada bulan Maret 2011.

Ponsel-Jolla-Sailfish-GGgambar via jolla.com

Pada 20 Mei 2013 Jolla mengumumkan prototipe ponsel SailFish OS pertama mereka dengan spesifikasi : dual-core processor, 16GB Internal Storage, 8MP Rear Camera, MicroSD, MicroUSB, 3.5mm headphone jack, 4G LTE, User-replaceable Battery, 4.5-Inch Display, SailFish OS. Ponsel ini rencananya baru akan mulai dipasarkan secara luas pada akhir tahun 2013 dengan harga sekitar €399 atau sekitar Rp5.175.000.

3) Ubuntu
Salah satu distro Linux terpopuler yang lama bermain di industri server dan mainframe korporat ini pada 31 Oktober 2011 mengumumkan bahwa dirinya akan ikut meramaikan industri gadget dengan menyediakan sistem operasi baru untuk ponsel, tablet dan TV. Namun baru pada 21 Februari 2013 mereka merilis Ubuntu Touch untuk pengembang menumpang pada beberapa ponsel Android ternama Nexus 4, Samsung Galaxy Nexus dan Samsung Galaxy S4.

Ponsel-Ubuntu-Developer-GGgambar via ubuntu.com

Canonical, perusahaan di balik Ubuntu, percaya bahwa Ponsel Ubuntu akan meraih sukses pertamanya di negara di mana sistem operasi desktop Ubuntu telah dikenal luas sebelumnya yakni Tiongkok dan India. Awal tahun 2013 CNN pernah menulis bahwa sistem operasi Ponsel Ubuntu tidak akan digunakan secara luas seperti iOS dan Android. Bahkan kemungkinan menang bersaing melawan Blackberry dan Windows Phone pun cukup kecil. Sistem operasi Ponsel Ubuntu paling jauh akan digunakan oleh para geek yang paling geek dan menjadi solusi murah bagi perusahaan dengan dana terbatas.

4) Tizen
Sistem operasi ponsel, tablet dan TV ini belum genap berumur 2 tahun namun sistem operasi ini digadang-gadang akan menjadi pesaing serius bagi Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry dalam beberapa tahun ke depan. Kenapa? Karena pengembang sistem operasi ini adalah para pemain besar di industri IT yakni Samsung, Intel dan Yayasan Linux.

Ponsel-Tizen-Developer-GGgambar via engadget

Selama ini Samsung telah ikut membesarkan pangsa pasar Android dengan rajin merilis belasan ponsel, phablet dan tablet berbasis Android setiap tahunnya mulai dari harga di bawah Rp1 juta hingga perangkat kelas atas seharga Rp7 jutaan. Cari 10 orang temanmu yang menggunakan ponsel/phablet/tablet Android maka kamu akan dengan mudah menemukan 5-6 orang temanmu atau bahkan lebih yang menggunakan perangkat Android buatan Samsung.

Kendati belum memberikan jadwal pasti, Samsung akan merilis beberapa ponsel berbasis Tizen di tahun 2013. Sebuah ponsel Tizen khusus pengembang telah disebar pada awal tahun ini kepada para pengembang aplikasi agar muncul (sebanyak mungkin) aplikasi berkualitas untuk sistem operasi baru ini. Dengan kekuatan jaringan distribusi dan pengalaman marketing dalam beberapa tahun terakhir, jika 2-3 tahun ke depan Samsung mengurangi atau menghentikan penjualan Ponsel Android dan fokus mengembangkan dan menjual Ponsel Tizen maka bukan tidak mungkin pangsa pasar Android akan tergerus cukup dalam.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.