Sering gak sih Gadgeteers mendengar pernyataan seperti ini? “Saya sudah charge sampai full baterai gadget saya, tapi saya tetap butuh charger dan powerbank..” Tak bisa dipungkiri, baterai merupakan salah satu komponen terpenting dari gadget kita. Ketika baterai gadget low, kita menjadi mulai resah karena aktivitas menjadi terhambat, bahkan janji meeting pun jadi tertunda.

Penggunaan baterai pada smartphone memang sangat boros. Kamu jadi harus membawa portable charger atau power bank kemana-mana. Hal ini memang merepotkan dan membuat kita bertanya-tanya, kenapa sih baterai smartphone sangat boros? Selain karena 3 penyebab umum ini tentunya.

Hasil penelitian ilmuwan dari MIT bernama Joel Dawson dan David Perreault berhasil memberikan jawaban. Kedua peneliti ini mengatakan bahwa alasan utama borosnya baterai smartphone ini karena sistem amplifier yang ada di dalamnya melakukan pemborosan hingga 65%.

Amplifier mempunyai fungsi untuk mengubah daya listrik menjadi sinyal radio dan sering kali dimanfaatkan pada saat proses pengiriman data. Amplifier terdiri dari beberapa transistor yang membutuhkan listrik saat standby dan saat proses penguatan untuk pengiriman sinyal. Penghematan listrik memang bisa dilakukan dengan menurunkan power serendah mungkin saat memasuki mode standby, akan tetapi penguatan tiba-tiba pada smartphone bisa menyebabkan kerusakan sinyal. Karena itulah kondisi power yang cukup tinggi saat standby harus tetap dipertahankan.

Inilah penyebab utama mengapa baterai smartphone sangat boros. Akankah ada teknologi baru agar baterai smartphone menjadi lebih tahan lama? Mari kita sama-sama menunggu yah, Gadgeteers.

Sumber gambar : ecw.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
A dissident who searching for her Exodus • Drunken bouquet catcher w/ heels • Social Media Alienist @StellarNull