Sebagian besar perangkat elektronik ditinggalkan oleh para penggunanya karena sebuah kesalahan yang biasanya merupakan hasil dari salah satu kerusakan atau ketidakcocokan komponen. Pernahkah gadgeteers mengalami kerusakan pada layar ponsel, namun malas untuk memperbaiki karena harganya terlalu mahal? Atau pernahkah gadgeteers mengganti ponsel ke tipe yang lain, karena gadgeteers membutuhkan kamera yang lebih bagus di ponsel tersebut?

Hal-hal seperti itu membuat banyak orang yang “membuang” ponsel lamanya dan menggantinya dengan yang baru. Lalu, bagaimana jika gadgeteers dapat mengganti satu komponen saja yang gadgeteers butuhkan dari ponsel rusak milik gadgeteers? Atau membuat sebuah ponsel dengan komponen yang sesuai dengan gadgeteers inginkan?

gsmarena_001

Inilah Phonebloks, sebuah konsep ponsel modular oleh Dave Hakkens. Phonebloks adalah sebuah konsep dimana sebuah ponsel dapat dibongkar pasang per komponennya secara mudah. Ingin mengganti layar gadgeteers dengan resolusi yang lebih tinggi? Atau ingin mengganti kamera 13MP karena 8MP sudah dirasa kurang? Hal-hal semacam itu bisa dilakukan semudah bongkar pasang pada mainan LEGO. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengkostumisasi ponsel sesuai dengan keinginan Anda. Tidak perlu modul kamera? Gadgeteers bisa menambahkan baterai dengan ukuran yang lebih besar. Tentunya hal ini sangat membantu seseorang untuk mewujudkan “pendamping digital” sesuai dengan kebutuhan.

Apakah konsep ini akan menjadi kenyataan? Bisa saja! Namun patut diketahui semua perusahaan elektronik, termasuk produsen ponsel, mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dari cepatnya perkembangan teknologi yang ada. Jika dengan konsep Phonebloks, tentunya pendapatan mereka bisa berkurang karena orang-orang tidak perlu mengganti ponsel mereka secara keseluruhan untuk menikmati fitur yang lebih baru. Sehingga kemungkinan kecil konsep ini akan terealisasi.

Bagaimana menurut gadgeteers dengan konsep Phonebloks? Silahkan tuang komentar kamu di kolom komentar di bawah. Cheers! 😀

Gambar via gsmarena.com dan christinevida.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr