Pada tanggal 26 Juni 2013 kemarin Microsoft telah memperkenalkan update terbaru dari Windows, yakni Windows 8.1. Pada acara yang dinamakan BUILD tersebut, Microsoft menampilkan beberapa perubahan dari versi 8.0 ke 8.1. Apa sajakah perubahannya? Penulis telah merangkumnya sebagai berikut:

1. Tampilan antarmuka

Start-button-Windows-8.1-GGgambar via betanews.com

Berbahagialah Gadgeteers yang menyukai tombol Start di desktop, karena Microsoft telah menambahkan kembali tombol tersebut yang kemarin sempat dihilangkan pada saat peluncuran Windows 8. Tampilan MetroUI pun kini lebih customizable, pengguna dapat merubahnya sesuai dengan keinginannya. Microsoft juga telah menambahkan fitur snap view, sehingga pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Untuk mengakses pengaturan komputer, kita tidak perlu lagi mencari Control Panel. Beberapa pengaturan dasar telah disematkan ke dalam MetroUI.

2. Fitur pencarian “Bing”

Search-Windows-8.1-GG

Kali ini Microsoft menyematkan fitur pencarian kebanggaan mereka, Bing. Tidak hanya melakukan pencarian lokal dari komputer pengguna, Bing juga dapat melakukan pencarian langsung ke web dengan koneksi internet. Bing juga mempelajari kebiasaan pengguna dan mengingat apa yang ia cari. Ada juga fitur menarik yang disebut dengan Bing Heroes. Ketika pengguna melakukan pencarian artis atau tokoh terkenal, Bing akan menyajikan biodata mereka lengkap dengan gambar, video, dan audio (jika mereka penyanyi/pemain film). Audio akan dicari dari Xbox Music, sedangkan video akan dicari melalui YouTube.

3. Aplikasi yang diperbarui

Mail-App-Windows-8.1-GG

Pada segmen mail dan office, Microsoft telah memperbarui aplikasi Mail. Mereka menyematkan fitur drag-and-drop, sweep, dan kemampuan untuk menyatukan grup social dan newsletter. Untuk office, Microsoft sedang menyiapkan office terbaru mereka yang disebut Metro Office. Pada bagian fotografi, kali ini Windows 8.1 mendukung pemotretan 360 derajat (seperti photosphere yang ada di Android). Fitur pengeditan foto juga lebih mudah dan lebih lengkap.

4. Peramban Internet Explorer (IE) 11, fitur dasar, dan Xbox Music

IE11_Windows-8.1-GG

Tampilan browser IE 11 masih sama dengan IE 10, namun kali ini hadir dengan dukungan WebGL. Pengguna juga dapat menambahkan RSS feeds ke dalam MetroUI. Fitur dasar seperti Alarm, Calculator, dan Sound Recorder kali ini tampil dengan tampilan MetroUI. Microsoft juga menambahkan 2 fitur baru, yakni Bing Health & Fitness dan Bing Food & Drink. Pada bagian Xbox Music, tidak ada perubahan yang berarti kecuali tampilan yang memudahkan pengguna untuk langsung mengakses lagu dan album.

featured image via windows.microsoft.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr