Banyak orang yang sering menyebut-nyebut istilah RAM dan ROM terutama ketika berbicara mengenai ponsel pintar. Kedua hal ini memang terdapat pada perangkat ponsel, namun sebenarnya apakah perbedaan antara RAM dan ROM?

RAM atau Random Access Memory adalah satuan memori yang digunakan berbagai perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer. Fungsinya adalah untuk menyimpan program dan data di CPU yang sedang digunakan atau dijalankan saat itu. Dengan kata lain, RAM bukan merupakan tempat penyimpanan yang permanen.

apaperbedaan.com

Setidaknya, ada dua jenis RAM, yaitu SRAM dan DRAM. SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis yang hanya menyimpan sedikit data dengan enam memori cell transistor namun kerjanya lebih cepat dari DRAM. DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis untuk menyimpan lebih sedikit data dengan transistor dan kapasitor.

Beralih ke ROM atau Read-Only Memory. ROM adalah memori yang hanya mempu dibaca oleh komputer dan akan tetap ada meskipun tanpa adanya aliran daya listrik.

Fungsi ROM adalah untuk menyimpan firmware yang kegunaannya adalah untuk memungkinkan pengguna melakukan update, seperti BIOS. Sama seperti RAM, ROM juga terbagi menjadi beberapa jenis yang terbagi dari waktu ditulisnya data ke dalam ROM serta bagaimana cara menghapus data di ROM.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan perbedaan RAM dan ROM yang cukup signifikan. Meski RAM memiliki fungsi lebih besar, namun harganya pun lebih tinggi dibandingkan ROM.

WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.