Google baru saja meluncurkan Nexus 5 dan sistem operasi Android terbaru yakni Android 4.4 KitKat. Smartphone seri Nexus adalah seri khusus yang dikeluarkan oleh Google dan diproduksi oleh rekanan (Nexus One oleh HTC, Nexus S dan Galaxy Nexus oleh Samsung, serta Nexus 4 dan 5 oleh LG). Harganya yang terbilang kompetitif, hanya USD 349 untuk versi 16GB dan USD 399 di Play Store membuat Nexus 5 menjadi smartphone dambaan setiap pecinta Android. Selain mendapatkan jaminan update yang cepat, spesifikasi hardware dari Nexus 5 ini setara dengan flagship produsen lain yang harganya di atas USD 600.

google-nexus-5-1st-official

Lalu, apa saja perbedaan dari penerus Nexus 4 ini? Penulis akan mencoba menjabarkannya beberapa sebagai berikut:

1. Desain yang terlihat lebih konservatif

Ketika Nexus 4 diluncurkan, banyak yang mengagumi desainnya yang menggunakan kaca pelapis di bagian depan dan belakang smartphone ini. Jika diperhatikan lebih seksama, Anda dapat melihat di bagian belakang ada semacam tekstur berkilau keemasan yang menambah kesan elegan. Bagaimana dengan Nexus 5? Smartphone ini tidak lagi menggunakan kaca pelapis, melainkan konstruksi plastik matte polos berwarna hitam atau putih.

Walau terdengar mengecewakan karena kesan mewahnya “menghilang”, namun ternyata hal ini berdampak pada bobot dan ukuran dari Nexus 5. Sang adik dari Nexus 4 ini memiliki ketebalan 0.5 mm lebih tipis dan bobot 9 gram lebih ringan dibandingkan Nexus 4. Meskipun layar dari Nexus 5 lebih besar (4.95″ vs 4.7″ di Nexus 4), namun lebar dari smartphone ini hanya bertambah sangat sedikit. Nexus 4 memiliki lebar 68.7 mm, sedangkan Nexus 5 memiliki 69.2 mm. Hanya lebih lebar 0.5 mm untuk ukuran layar yang lebih besar.

2. Menggunakan Gorilla Glass 3

Jika Nexus 4 menggunakan Gorilla Glass 2, maka kali ini LG menyematkan Gorilla Glass 3 pada Nexus 5. Kaca pelindung generasi ketiga ini  50% lebih kuat dan 40% lebih tahan goresan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

3. Nexus 5 menggunakan layar yang lebih baik

Nexus 5 menggunakan layar 4.95″ dengan resolusi 1080×1920 dengan tingkat kerapatan pixel 445 ppi. Ini melupakan lompatan yang cukup jauh dibandingkan dengan layar 4.7″ resolusi 720×1280 milik Nexus 4. Dengan resolusi yang lebih tinggi, tentunya kualitas dari tampilan layar Nexus 5 ini menjadi lebih baik serta lebih nyaman dan indah untuk dilihat oleh mata Anda.

4. Tempat penyimpanan data yang lebih besar

Salah satu yang dikeluhkan para pengguna Nexus 4 adalah internal storage yang minim, yakni 8GB dan 16GB. Terlebih, Nexus 4 tidak memiliki slot ekspansi memori eksternal dan tidak bisa menggunakan USB On The Go. Sepertinya Google dan LG menyadari akan hal tersebut. Mereka menghadirkan internal storage yang lebih besar, yakni 16GB dan 32GB.

5. Menggunakan chipset yang lebih powerful

Nexus 5 layak dinobatkan sebagai smartphone Android “murah” dengan prosesor tercepat (walau tidak berlaku di Indonesia karena pasti harganya berlipat ganda). Menggunakan Snapdragon 800 MSM8974 Prosesor Quad Core 2.3 GHz dan GPU Adreno 330, sama seperti yang digunakan oleh Sony Xperia Z1, LG G2, dan Samsung Galaxy Note 3 versi LTE. Tentunya ini merupakan lompatan yang sangat jauh dibandingkan Nexus 4 yang masih menggunakan Snapdragon S4 Pro Quad Core 1.5GHz dengan GPU Adreno 320. Nexus 5 akan sanggup melahap semua games berat yang bisa kamu unduh dari Play Store.

LG-Nexus-5-Render

Bagaimana gadgeteers, apakah Anda tertarik untuk meminang LG Nexus 5? Meskipun untuk pasar Indonesia harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga di Play Store. Jika melihat harga Nexus 4 dahulu yang diluncurkan (Rp 5.499.000), maka penulis menebak Nexus 5 akan dihargai sedikit lebih mahal (sekitar Rp 5.999.000-6.499.000). Walaupun mahal, siapa yang tidak tertarik untuk memiliki smartphone Android yang selalu mendapatkan update cepat dan spesifikasi sangar ini?

Gambar via cnet.co.uk, xda-developers.com, dan androidspin.com

 Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr