Kalau ada 2 hal yang paling sering dilupakan Gadgeteers saat membeli gadget baik baru atau bekas maka hal tersebut adalah menanyakan tentang garansi dan lokasi servis. Garansi melindungi gadget dari kerusakan yang diakibatkan oleh cacat produksi dan tidak melindungi kerusakan gadget yang disebabkan oleh bencana alam atau kesalahan pengguna sekalipun terjadi tanpa unsur kesengajaan.

Apa yang tidak dilindungi oleh garansi tersebut itulah yang dilindungi oleh asuransi gadget seperti terjatuh dan terlindas, terkena cairan (termasuk terjatuh kedalam air), kebakaran dan kebongkaran, serta pencurian yang didahului atau disertai adanya bukti tindak kekerasan atau pengrusakan. Asuransi juga memberikan penggantian kerugian akibat bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, banjir, topan, dan badai.

Pada Oktober 2009, untuk pertama kalinya asuransi gadget diperkenalkan di Indonesia. Adalah iProtectZ, nama asuransi hasil kerja sama dari Zurich Insurance Indonesia dan salah satu Apple Premium Reseller Indonesia, iBox. iProtectZ memberikan perlindungan selama 12 bulan sejak tanggal pembelian terhadap setiap produk Mac yang dijual di iBox seperti MacBook Pro, MacBook Air, Mac Mini, Mac Pro, iMac dan Cinema Display. Kemudian di bulan Januari 2011, iBox dan Zurich Insurance Indonesia sepakat memperluas jangkauan perlindungan iProtectZ dengan memberikan proteksi serupa pada produk Apple terbaru saat itu, iPad. Selain dengan iBox, perusahaan asuransi Zurich Insurance Indonesia juga tercatat pernah bekerja sama dengan penjual produk Apple lainnya seperti The Addict dan eStore Indonesia.

Informasi resmi : http://www.ibox.co.id/media/read/1

Pada bulan Oktober 2012 giliran Adira Insurance yang bekerja sama dengan Global Teleshop melalui anak perusahaannya PT Persada Centra Digital yang meluncurkan asuransi gadget yang mereka beri nama Global Aplus. Asuransi ini melindungi produk-produk Apple yang mereka jual seperti iPhone, iPod (shuffle, nano, classic, touch), Notebook (Macbook Pro), dan Desktop (iMac, Mac Mini, MacPro) di 55 outlet Global Teleshop yang tersebar di seluruh Indonesia berupa penggantian apabila terjadi kerugian atau kerusakan total akibat ketidaksengajaan atau yang berasal dari luar secara tiba-tiba.

Informasi resmi : http://www.asuransi.adira.co.id/NewsTips/PressRelease/tabid/137/mid/536/newsid536/652/language/id-ID/default.aspx

Bulan April 2013 salah satu perusahaan asuransi asing AIG gencar memasang salah satu iklan produk asuransinya yang bernama Personal Guard. Berbeda dengan 2 asuransi sebelumnya yang hanya fokus ke sebuah merek, Asuransi AIG Personal Guard melindungi smartphone, kamera digital dan laptop lintas merek atas tindak pencurian atau kerusakan gadget yang tidak disengaja oleh pengguna.

Informasi resmi : http://www.aigdirect.co.id/asuransi-personal-guard-1_2913_378472.html

Gambar via LensaIndonesia.com

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.