Tidak seperti kompetitornya iOS*, Windows Phone dan Blackberry yang hingga tulisan ini dipublikasikan baru digunakan untuk ponsel dan tablet, penggunaan Android tidak terbatas hanya pada ponsel dan tablet. Berikut adalah 3 perangkat bukan ponsel dan bukan tablet yang menggunakan sistem operasi Android :

 1) TV

Toshiba-Pro-L4300-GG
Menjalankan berbagai aplikasi atau bermain games Android pada sebuah TV. Kenapa tidak? Beberapa waktu lalu Toshiba Indonesia telah mengumumkan peluncuran TV LED berbasis Android 4.2.1 Jelly Bean dengan nama Toshiba Pro Theatre L4300 yang tersedia dengan ukuran 39-inch dan 50-inch. TV ini akan mulai dipasarkan pada bulan Desember 2013 dengan harga tidak lebih dari Rp7 juta (39-inch) dan Rp14 juta (50-inch).

 2) Jam Tangan

Samsung-GALAXY-Gear-GG
gambar via TheNextWeb.com

Pada 25 September 2013 lalu Samsung memperkenalkan jam tangan berbasis Android 4.3 Jelly Bean dengan antarmuka minimalis yang mereka beri nama GALAXY Gear. Pada awalnya jam tangan ini hanya kompatibel dengan GALAXY Note 3 dan GALAXY Note 10.1 2014 Edition namun sekitar 1 bulan kemudian Samsung mengumumkan GALAXY Gear juga telah kompatibel dengan GALAXY S4, S III dan Note II milik pengguna yang melakukan update versi Android ke 4.3 Jelly Bean. Ke depannya Samsung merencanakan GALAXY Gear juga akan kompatibel dengan GALAXY S4 mini, Mega 5.8, Mega 6.3, and S4 Zoom. Di Indonesia Samsung GALAXY Gear dipasarkan dengan harga Rp3.499.000.

3) Kaca Mata

Google-Glass-GGgambar via AndroidDoes.net

Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Google pada pertengahan 2012 silam, perangkat Android dengan bobot hanya sekitar 40 gram ini mengundang decak kagum banyak orang dari seluruh dunia. Majalah TIME menganugerahi perangkat Android seharga US$1,500 (Sekitar Rp18 juta) ini sebagai salah satu penemuan terbaik sepanjang tahun 2012. Hingga artikel ini dipublikasikan, Google menyatakan bahwa mereka hanya memiliki rencana untuk memasarkan Google Glass di Amerika Serikat pada tahun 2014 tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

*Kecuali Apple TV yang menggunakan iOS sejak generasi ke-2

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
5 Years in IT Retailer, Startup owner, Gadget Enthusiast, Social Media Professional, Wordsmith, Amateur Jester.