WhatsApp, salah satu aplikasi messenger paling populer saat ini, baru saja memperkenalkan sebuah fitur baru yang akan memudahkan Gadgeteers untuk mengetahui posisi teman atau keluarga secara real-time lewat aplikasi tersebut. Caranya? Sangat mudah!

Fitur ini juga sudah dipastikan aman oleh pihak WhatsApp, koneksi yang digunakan sudah terenkripsi secara end-to-end. Yang Gadgeteers perlu lakukan hanyalah dengan menekan tombol pin pada kolom chat, pilih menu location, dan pilih menu untuk berbagi lokasi. Di situ Gadgeteers dapat memilih rentang waktu berbagi lokasi mulai dari 15 menit, 1 jam hingga 8 jam. Jangan khawatir, Gadgeteers dapat memberhentikan fitur ini kapan saja, tidak harus selama pilihan durasi di atas.

Yang tidak kalah menarik, pada group chat, masing-masing anggota dapat berbagi lokasi secara bersamaan, sehingga kamu dapat tahu dimana lokasi masing-masing teman pada sebuah grup. Ini sangat memudahkan untuk Gadgeteers saat, misal, berencana untuk bertemu di suatu tempat. Alih-alih perlu bertanya, “sudah on the way?“, “sudah dekat?”, “kok belum sampai?”, Gadgeteers hanya perlu melihat pergerakan lokasi mereka melalui ponsel, sehingga lebih efisien.

wa_loc_1

Pada tampilan peta di aplikasi, akan terlihat avatar teman kamu yang berada sesuai di lokasi dia berada saat itu. Di bawah peta akan terlihat kapan terakhir kali data lokasi tersebut diperbarui. Sentuh avatar pada peta, dan akan muncul informasi keakuratan lokasi, seperti “akurat hingga 50 meter”. Peta juga dapat menunjukkan kondisi lalu-lintas secara real-time, sehingga Gadgeteers dapat mengetahui jika seorang teman sedang mengalami kemacetan di jalan.

Fitur seperti ini tidaklah sepenuhnya baru, BlackBerry Messenger sudah lama memiliki fitur ini melalui sebuah add-on bernama Glympse. Telegram, Facebook Messenger dan iMessage milik Apple juga sudah dilengkapi fitur serupa. Walaupun sudah diperkenalkan, fitur berbagi lokasi secara real-time ini baru dapat Gadgeteers nikmati di perangkat Android dan iOS dalam beberapa hari mendatang. Sembari menunggu, berikut adalah tips untuk berbagi lokasi secara real-time melalui aplikasi Google Maps, yang kami asumsikan tersedia di semua ponsel Android, sehingga banyak yang dapat mengakses serta menggunakannya.

Pertama-tama, pastikan aplikasi Google Maps di Android atau iOS kamu sudah yang versi terbaru. Jika sudah, buka aplikasi Google Maps, pilih tombol menu di atas kiri layar, lalu pilih “location sharing”. Sama seperti milik WhatsApp, kamu dapat memilih durasi untuk berbagi lokasi, lalu tinggal pilih mau dikirim ke mana link berbagi lokasi tersebut. Setelah dibagikan, teman atau keluarga dapat membuka link tersebut dan secara otomatis akan membuka aplikasi Google Maps, melihat posisi Gadgeteers secara real-time.

wa_loc_2

Sedikit catatan, fitur ini hanya dapat berjalan jika Gadgeteers mengaktifkan GPS pada ponsel dan tidak menggunakan mode hemat daya yang umumnya memberhentikan aplikasi saat layar ponsel terkunci (standby) ya. Selamat mencoba!

via WhatsApp.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.