Pada 4 Maret 2013 Google kembali merilis data pengguna versi Android dari seluruh dunia yang dikumpulkan berdasarkan oleh jumlah perangkat yang mengakses Google Play. Data yang dirilis oleh Google setiap 2 minggu sekali ini terasa lebih istimewa karena 6 Maret 2013 merupakan hari ulang tahun pertama Google Play.

Berdasarkan data yang diumumkan oleh Google, kita dapat melihat bahwa mayoritas (44.2%) pengguna Android masih menggunakan versi 2.3 atau yang lebih dikenal dengan Gingerbread yang merupakan versi Android yang dirilis tahun 2010 dan kemudian diikuti oleh versi Android yang dirilis pada Oktober 2011, Ice Cream Sandwich di posisi kedua (28.6%).

Android-Stat-Maret-2013-GG

Generasi sistem operasi Android paling baru yang dirilis 27 Juni 2012 atau sekitar 8 bulan lalu, Jelly Bean sendiri belum mencapai 17% dari total pengguna perangkat Android di seluruh dunia dan Google kini tengah mempersiapkan generasi Android berikutnya, Key Lime Pie yang konon akan mereka luncurkan pada acara Google I/O tanggal 15-17 Mei 2013.

Dengan spesifikasi perangkat yang sangat beraneka ragam, update ponsel/tablet terhadap sistem operasi terbaru Android dari tahun ke tahun memang tidak pernah mudah. Pengguna harus menunggu kepastian mendapatkan update Android dari produsen gadget dan juga operator seluler selama berbulan-bulan.

Di lain pihak, produsen gadget juga relatif tidak mudah mengimplementasikan generasi terbaru sistem operasi Android pada perangkat mereka terutama di kelas bawah. Hingga 2-3 bulan menjelang peluncuran generasi terbaru Android Key Lime Pie, baru Acer Iconia B1 dan Asus MemoPad yang mulai memasarkan tablet Android Jelly Bean murah Rp1 jutaan. Ponsel Android 4.1 Jelly Bean pun masih terbatas pada perangkat mahal dengan harga Rp6 hingga 7 jutaan. Sejauh pengamatan @GadgetGaul hingga saat tulisan ini ditulis, ponsel Android 4.1 Jelly Bean paling murah hanya Samsung Galaxy S III Mini yang dipasarkan dengan harga Rp3.499.000.

Apple-iOS-Version-2012-GG

Apple tidak pernah merilis data resmi presentase pengguna versi iOS namun sebagai gambaran salah satu perusahaan periklanan digital ternama dunia, Chitika pernah merilis data pada akhir Oktober 2012 bahwa 61% pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch di Amerika Serikat dan Kanada telah mengupgrade versi iOS perangkat mereka ke iOS 6 hanya dalam waktu 1 bulan setelah peluncuran update tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.