Dalam Android Nougat versi terbaru, yakni 7.1, Google secara diam-diam menyematkan sebuah fitur yang diberi nama “Panic Mode”. Fitur ini merupakan fitur keamanan yang akan memberikan peringatan secara otomatis ketika anda terancam bahaya.

Yang dimaksud ancaman bahaya oleh Google tentunya bukanlah ancaman di dunia nyata secara langsung seperti ketika Gadgeteers menghadapi bencana alam atau kecelakaan, melainkan ancaman yang bisa menyerang keamanan Gadgeteers di dunia maya, atau dengan kata lain serangan malware.

android-nougat-3711-009

Panic Mode secara khusus dirancang oleh Google untuk mencegah serangan malware dengan mengembalikan ponsel Gadgeteers ke layar “home” saat fitur tersebut mendeteksi adanya aplikasi berbahaya yang membajak layar Gadgeteers.

Ketika Panic Mode mendeteksi adanya ancaman, fitur tersebut tidak hanya mengembalikan ke layar “home” saja, tetapi juga langsung menghapus aplikasi yang membahayakan ponsel pintar Gadgeteers.

Fitur Panic Mode sendiri ditemukan dan akhirnya diketahui oleh sejumlah pengembang di forum XDA Developers. Sementara Google memang sengaja menyembunyikan fitur terbaru ini di dalam barisan kode sistem Android.

Meski tidak menyebutkan alasan mereka secara langsung, namun dapat diduga bahwa Google secara sengaja menyembunyikan keberadaan fitur Panic Mode sehingga para peretas tidak mengetahui sistem keamanan tersebut. Tentunya dengan demikian para peretas akan lebih kesulitan untuk menyerang perangkat Gadgeteers.

via Techspot.com
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Menghabiskan banyak waktu di sekolah dan rumah, penuh dedikasi di dunia pendidikan tapi mulai belajar jadi pengusaha dan penulis.