Panasonic baru saja merilis sebuah kamera mirrorless baru yang mengunggulkan kemampuan perekaman videonya. Diberi nama Lumix GH5S, kamera tersebut merupakan suksesor dari Lumia GH5 yang sudah memiliki reputasi baik sebagai kamera mirrorless yang mampu rekam video hingga resolusi 4K.

Dirilis saat gelaran CES 2018 di Las Vegas, Panasonic meyakini jika kamera terbarunya ini mampu menyajikan video dengan kualitas tertinggi dari seri kamera Lumix yang pernah ada sebelumnya. Perubahan yang dilakukan adalah dengan mengganti sensor kamera. Jika pada generasi sebelumnya menggunakan sensor 20.3 Megapixel Micro Four Thirds Live MOS, GH5S kini dilengkapi sensor baru 10.2 Megapixel Digital Live MOS dengan Venus Engine. Sensor baru tersebut mampu menaikkan batas ISO tertinggi hingga dua kali lipat, menjadi 51,200.

gh5s_1

Saat dalam kondisi cahaya gelap, pengguna cukup fokus pada pengambilan komposisi foto tanpa harus mengkhawatirkan background noise berkat adanya teknologi Dual Native ISO. Selain menyediakan opsi pengambilan foto berformat RAW 14-bit, sensor baru multi-aspect pada GH5S mampu menyajikan angle of view yang sama dalam beragam rasio foto; 4:3, 17:9, 16:9 dan 3:2.

Untuk perekaman video, Panasonic Lumix GH5S merupakan kamera mirrorless pertama di dunia yang mampu merekam video dalam format Cinema 4K (4096 x 2160) pada framerate 60/50p. GH5S juga mendukung perekaman dengan format 4:2:2 10-bit yang mampu menghasilkan reproduksi warna lebih baik, sementara fitur V-Log hadir secara built-in, tak lagi opsional seperti pada Lumix GH5.

gh5s_2

Selain logo “S” yang terletak di bawah logo GH5, tidak ada perbedaan yang signifikan pada sisi desain. GH5S masih menggunakan bodi berbahan magnesium alloy yang tahan debu, percikan air, serta suhu hingga minus 10 derajat celcius. Dan sama seperti GH5, GH5S juga dilengkapi dua slot kartu SD, serta port HDMI type A. Dengan fitur Live View Boost, mengambil komposisi foto di kondisi kurang cahaya menggunakan GH5S menjadi lebih mudah. Sistem autofocus 225 titik juga masih sama, namun GH5S dapat mengambil fokus pada kondisi cahaya lebih rendah sampai -5EV (-4EV pada GH5). Di sektor konektivitas, tersedia opsi Bluetooth 4.2 LE serta Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac untuk pengoperasian dan kirim foto secara nirkabel.

gh5s_3

Panasonic akan bermitra dengan VICE UK di tahun 2018 untuk mengembangkan sebuah platform kreatif baru, mendukung generasi muda pembuat film di Inggris menggunakan kamera Lumix GH5 dan Lumix GH5S terbaru. Lumix GH5S akan hadir pada akhir bulan Januari 2018 dengan harga ritel  €2549.99 atau sekitar Rp41 juta (body only).

Via news.panasonic.co.uk
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.