Kecanggihan smartphone kini memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Banyak sekali manusia yang merasakan ketakutan yang berlebihan pada saat berada jau dari smartphonenya seperti artikel yang ada pada Daily News. Maka, sebelum mulai membaca artikel ini, yuk jawab pertanyaan di bawah dan hitung skormu. Sebentar aja kok! 😉

facebook dot com

Nah, sekarang saatnya @GadgetGaul bertanya, berapa skormu? Gadgeteers masuk kategori yang mana nih?

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, manusia menjadi sangat bergantung pada smartphone karena berbagai fitur canggih yang tak bisa dipisahkan dari smartphone dan juga berbagai inovasi yang terus menerus muncul dari berbagai merek smartphone yang terkemuka. Setiap tahunnya muncul berbagai smartphone dengan fitur canggih yang menjanjikan berbagai kenyamanan dan kepraktisan menjadi incaran masyarakat.

Nomophobia (no mobile phone phobia) adalah ketakutan dan kecemasan berlebihan ketika pemilik smartphone berada jauh dari ponselnya. Namun ternyata, nomophobia bukan hanya sekedar definisi yang dituliskan sebelumnya. Jika kamu terus menerus mengecek smartphone milikmu, itu juga bisa menjadi salah satu gejala nomophobia. Tidak lupa dengan kekhawatiran berlebihan ketika mengetahui bahwa smartphone Gadgeteers dalam keadaan low batt.

tx dot english-ch dot com
Pada awalnya, nomophobia menjadi tampak sangat wajar karena memang masyarakat masa kini menggantungkan kegiatan komunikasinya pada smartphone yang dimilikinya. Namun akan menjadi sangat aneh ketika orang-orang tetap membawa bahkan menggunakan smartphone di kamar mandi. Apalagi pada saat orang-orang menjadi lebih memperhatikan smartphone yang ada pada genggamannya dari pada orang yang sedang berbicara tatap muka di depannya. Tentunya nomophobia menjadi salah satu gangguan tersendiri pada saat beraktivitas dan berkomunikasi dengan orang lain.

userserve-ak dot last dot fm
Ada dari Gadgeteers yang merasa dirinya mengalami nomophobia? Jangan khawatir karena nomophobia dapat disembuhkan. Anda bisa melakukan exposure therapy secara berkala untuk mengatasi nomophobia. Exposure therapy adalah salah satu bentuk terapi yang biasa diterapkan pada penderita gangguan kecemasan. Cara kerja exposure therapy ini sangat mudah, penderita phobia hanya perlu mendekatkan diri dengan hal yang ditakutkan namun tetap tidak membahayakan.

Hal mudah yang bisa dilakukan penderita nomophobia adalah meninggalkan smartphone miliknya. Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukannya. Misalnya, Gadgeteers ingin bertemu dengan teman-teman di suatu tempat, setelah bertemu, titipkan smartphone anda kepada mereka, atau tinggalkan smartphone anda di mobil. Anda juga bisa mengajak teman-teman anda untuk mendukung anda dengan melakukan cara yang ada pada artikel ini. Hal-hal tersebut dapat mengurangi intensitas anda untuk terhubung dengan smartphone anda dan semangat serta dorongan ekstra untuk melakukan terapi ini secara rutin.

Mudah kan caranya? Gadgeteers punya cara lain yang lebih seru? Ayo share di kolom komentar!

Sumber gambar :  tx.english-ch.com , userserve-ak.last.fm

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
A dissident who searching for her Exodus • Drunken bouquet catcher w/ heels • Social Media Alienist @StellarNull