Menurut riset Nielsen, game merupakan kategori aplikasi paling populer mengalahkan social networking, musik dan berita di semua platform ponsel cerdas dan tablet baik itu Android, iOS maupun Windows Phone. Dengan semakin banyaknya jumlah mobile game yang tersedia, ukuran mobile game yang semakin besar dan semakin sibuknya orang-orang, memilih game berkualitas yang layak untuk dibeli, diunduh dan dimainkan menjadi tantangan baru bagi pengguna gadget.

Apa itu GameSaku?

Untuk membantu pengguna gadget menghadapi tantangan tersebut dan mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermain suatu mobile games, GameSaku hadir sebagai pusat informasi penyedia ulasan dan informasi lengkap dunia mobile games Android dan iOS (iPad, iPhone & iPod Touch) di Indonesia.

Setiap harinya GameSaku menerbitkan minimal 3 ulasan mobile game dan 4-5 jenis artikel lain seperti berita, analisa atau tutorial yang berhubungan dengan mobile game. Salah satu yang menarik dari jenis artikel-artikel GameSaku adalah mereka menayangkan promosi game di mana sering kali sebuah pengembang game dalam jangka waktu tertentu memberikan potongan harga atau bahkan menggratiskan game berbayarnya.

Bagaimana GameSaku menulis ulasan?

Sebelum menulis sebuah ulasan game, GameSaku  memilih, membeli lalu memainkan sendiri game tersebut. Untuk sebuah game,  GameSaku membutuhkan waktu bermain minimal 2-3 jam untuk game sederhana dan hingga paling lama sekitar 1 hari untuk game panjang agar memperoleh pengalaman bermain yang menyeluruh.

Meskipun berusaha untuk objektif terhadap kualitas sebuah game namun tidak semua game yang dibeli dan dimainkan GameSaku akan  menjadi ditulis ulasannya. Untuk menghemat waktu pembaca, GameSaku akan menampilkan ulasan hanya untuk game-game berkualitas.

Menurut GameSaku, game yang menarik adalah game yang mampu membuat mereka yang memainkannya lupa waktu. Pada setiap ulasan, GameSaku memberikan penilaian menggunakan skala dari angka 1 hingga 5 di mana 1 adalah paling buruk dan 5 adalah paling menarik. Ada 3 aspek yang dinilai dengan skor ini yaitu kualitas grafis, jalan cerita dan harga. Dari rata-rata ketiga skor ini, didapatkanlah skor akhir game tersebut. Ke depannya, GameSaku akan membuka fasilitas penilaian ini juga kepada para pembaca.

Game Android vs Game iOS

Meskipun tumbuh dengan sangat pesat, jumlah game yang tersedia di Android masih kalah banyak dibandingkan dengan game yang tersedia di iOS (iPhone / iPad / iPod Touch). Saat ini Android tercatat memiliki sekitar 80.000 game sementara iOS telah memiliki sekitar 140.000 game.

GameSaku melihat kecenderungan para pengembang mobile game baik Android maupun iOS yang mengeluarkan game mereka lebih dulu pada ponsel dibandingkan tablet. Oleh karena itu jika Anda memiliki dana yang terbatas untuk bermain mobile game, Anda dapat memprioritaskan untuk memiliki ponsel terlebih dahulu.

GameSaku juga melihat ada kecenderungan beberapa pengembang game lebih memprioritaskan untuk merilis game di iOS lebih dahulu ketimbang Android yang biasanya baru mereka rilis 2-3 bulan kemudian. Hal ini tidak lepas dari isu kompatibilitas yang tidak mudah diselesaikan para pengembang game tersebut mengingat ketersediaan spesifikasi perangkat keras Android yang sedemikian banyak.

Pemain game pada platform iOS biasanya tidak terlalu memusingkan spesifikasi perangkat keras dibandingkan dengan mereka yang ingin bermain mobile game pada platform Android karena semua game yang tersedia di iOS bisa dijalankan dengan baik oleh hampir semua perangkat keras mobile yang dirilis Apple.

Sedangkan di Android, calon pemain game sebelum membeli harus memperhatikan spesifikasi perangkat keras yang mampu menunjang pengalaman bermain mobile game mengingat adanya ratusan jenis perangkat Android beredar di pasar dengan spesifikasi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Spesifikasi perangkat keras Android yang sangat bervariasi tersebut dapat juga dilihat sebagai kelebihan terhadap iOS. Dengan ketersediaan variasi spesifikasi dan harga yang demikian banyak  memungkinkan pemain game Android datang dari berbagai kalangan mulai dari atas, menengah bahkan hingga bawah sekalipun.

Namun untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang menyenangkan di Android, GameSaku menyarankan agar si calon pemain memilih spesifikasi perangkat keras Android baik ponsel atau tablet yang memiliki prosesor 1GHz dual core atau lebih tinggi dan prosesor grafis minimal nVidia Tegra 2.

Apple pun sepertinya mulai “meniru” strategi ketersediaan spesifikasi dan harga perangkat keras Android yang beragam itu dengan tidak melakukan penghapusan iPhone 3GS seperti apa yang biasa mereka lakukan terhadap perangkat keras mereka yang sudah uzur bahkan mengeluarkan iPhone 3GS dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil (8GB) dan memberikannya update software terbaru iOS 6.

Bersambung : Part 2 – Mobile Game Lokal & Masa Depan Mobile Game

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.