Siapa bilang koneksi internet di Indonesia lelet? Buktinya, berdasarkan hasil penelitian Akamai, Indonesia itu berada di posisi 80 dalam daftar Negara dengan kecepatan tercepat. Pada peringkat pertama masih diduduki oleh Korea Selatan, menariknya walaupun kecepatan rata-rata di negara tersebut menurun 0,7 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, kecepatan Korea Selatan tidak goyah dari posisi pertama tersebut.

Akamai Kecepatan rata-rata

Bila di posisi pertama ada Korea Selatan dengan kecepatan rata-rata sebesar 26,1 Mbps, Indonesia yang berada di posisi 80 memiliki kecepatan rata-rata 6,7 Mbps. Kecepatan tersebut ternyata meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 5,5 persen dan 72 persen pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Indonesia, pada dasarnya masih kalah dengan Negara tetangga seperti Malaysia, Australia dan Singapura. Negara tersebut masing-masing berada di posisi 66, 51, dan 8. Pada posisi 66 yang dipegang Malaysia tersebut, kecepatan rata-rata yang dimilikinya sebesar 8,2 Mbps, sementara Australia yang berada di posisi 51 memiliki kecepatan rata-rata sebesar 12,9 Mbps, lalu Singapura yang berada di posisi 10 besar memiliki kecepatan rata-rata sebesar 21,9 Mbps.

Akamai Kecepatan kedua

Bila sebelumnya Gadgeteers pernah mendengar isu bahwa kecepatan internet di Tiongkok itu lebih cepat daripada di Indonesia, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Dalam hasil penelitian tersebut ditunjukan bahwa Tiongkok, India, dan Filipina berada di bawah Indonesia dengan masing-masing kecepatan rata-rata sebesar 6,3 Mbps, 5,6 Mbps, dan 4,5 Mbps.

Nah, hasil tersebut berbeda lagi bila dikategorikan ke dalam jumlah pemakai dan broadband. Menariknya, di Indonesia ada sekitar 71 persen pengadopsi broadband dengan kecepatan lebih dari 4 Mbps, sehingga hal tersebut menempatkan posisi Indonesia berada di angka 76. Sementara lawan-lawannya tadi, seperti Malaysia, berada di posisi 80 dengan tingkat pengadopsi 69 persen. Negara lainnya seperti Australia dan Tiongkok, berada di posisi atas dengan masing-masing pengadopsi, 76 persen dan 73 persen.

Sementara dalam kategori broadband 10 Mpbs, jumlah pengguna di Indonesia hanya mencapai 14 persen dan menempatkannya di posisi 72. Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan sebesar 23 persen bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan 736 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Lalu yang terakhir, jumlah pengadopsi broadband dengan kecepatan di atas 15 Mbps, di Indonesia hanya mencapai 4,3 persen dengan pertumbuhan 38 persen dari kuartal sebelumnya dan 809 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Akamai Kecepatan Mobile

Kabar baik lainnya mengindikasikan bahwa kecepatan rata-rata internet mobile di Indonesia mencapai angka 9,8 Mbps. Kecepatan tersebut terpaut kalah sedikit dari Singapura yang memiliki kecepatan rata-rata internet 9,9Mbps. Tetapi, bila dibandingkan dengan Negara Korea Selatan dan Jepang angka ini masih kalah, karena negara Ginseng tersebut memiliki kecepatan rata-rata 12,7 Mbps sementara negara Sakura memiliki kecepatan rata-rata 13,3 Mbps.

via MetroTV.com
featured image via uii.net.id
WN

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Zaky Islami

A Young Entrepreneur. Speak 4 languages : English, Indonesia, Deutsch (German) and of course Sunda. Former MC and Radio Announcer. Now living as writer and selling premium Quality Bags at www.instagram.com/dreissig.id Business inquiries : +6287825521892 or zakyriie@gmail.com