Firefox, peramban yang dirilis oleh Mozilla Foundation sejak tahun 2002 lalu, merupakan salah satu peramban paling populer untuk berbagai macam sistem operasi. Tidak henti-hentinya berinovasi, kali ini Mozilla meluncurkan Firefox Rocket, peramban yang dibuat khusus untuk pengguna di Indonesia.

Firefox Rocket mengutamakan kecepatan dan keringanan dalam mengakses web. Seperti yang Gadgeteers ketahui, akses internet cepat di Indonesia masih belum merata di seluruh daerah. Mahalnya paket data bagi sebagian masyarakat membuat mereka kesulitan untuk akses internet. Dengan diluncurkannya Firefox Rocket di Indonesia, diharapkan hal-hal tersebut dapat diatasi.

20171010093315_IMG_0987-01

Dirilis dalam versi beta, Firefox Rocket hanya berukuran sekitar 5MB saat ter-install di ponsel. Peramban ini menawarkan beberapa fitur kunci, diantaranya Turbo Mode, image blocker, ad-blocker dan kemampuan untuk menyimpan halaman web.

Capture+_2017-10-10-10-56-55-horz

Dengan Turbo Mode, Gadgeteers dapat mengakses halaman web favorit lebih cepat karena peramban akan secara otomatis mengompres konten web, memblok iklan dan pelacak. Ingin lebih hemat data? Tersedia fitur image blocking yang akan menghilangkan konten gambar pada web.

Tampilan Firefox Rocket sangat simpel, dengan tiga tombol utama di bawah; Home untuk kembali ke menu awal, Search untuk melakukan pencarian atau menginputkan URL, serta tombol pengaturan di sisi kanan layar. Dengan begitu, Gadgeteers dapat fokus dalam menjelajah internet, tanpa terdistraksi oleh tampilan menu di layar.

Capture+_2017-10-10-10-57-37-horz

Di menu pengaturan, terdapat beberapa tombol untuk akses histori, tombol untuk mengaktifkan fitur Turbo ModeBlock Images, membersihkan cache, serta pengaturan lanjutan untuk ubah penyimpanan data di SD Card. Di sisi bawah, terdapat empat tombol yang bisa diakses saat sedang membuka halaman web.

Salah satu keunggulan tambahan milik Firefox Rocket adalah kemampuannya untuk menyimpan halaman web. Dengan menekan tombol di sudut bawah kanan layar, peramban akan mengambil gambar halaman web yang sedang diakses secara utuh. Halaman web yang tersimpan dapat diakses melalui menu My shots. Gadgeteers dapat melakukan edit, atau membagikan halaman web sebagai link maupun gambar ke perangkat lain maupun media sosial.

Screenshot_2017-10-10-10-23-42-horz

Walaupun masih menyandang status beta, secara keseluruhan peramban ini cukup lancar saat digunakan. Saat ini, Firefox Rocket hanya tersedia di Play Store. Belum ada info apakah akan tersedia di iOS atau tidak. Gadgeteers ingin coba? Klik di sini untuk mengunduhnya, lalu sampaikan pendapat kalian ya!

WNArtikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Tech & gadget enthusiast. Part of @nokianesia. @prasetyoh on Twitter.