Saat ini kehidupan manusia tidak lepas dari kehidupan sekunder di dunia maya. Suka atau tidak, banyak orang melakukan update status mengenai apa yang sedang mereka lakukan di media sosial yang mereka gunakan. Apakah itu check-in di foursquare atau Path, atau pamer dengan status yang diserukan di Facebook maupun Twitter dengan kalimat “Antrian tiket masuk Universal Studios panjang banget cyiin” atau “Gile, rame bener nih restoran!”. Di antara banyak momen tersebut, ada 4 momen yang sebaiknya tidak dipamerkan di media sosial, di antaranya:

1. Ketika buang air kecil/besar di toilet

Ini adalah salah satu hal yang terkadang orang iseng melakukannya. Sumpah, tidak ada yang mau tahu kamu sedang di toilet. Selain tidak sopan, update status di toilet sama sekali tidak ada gunanya. Yang ada kamu malah jadi bahan cercaan orang lain karena mungkin telah menghilangkan nafsu makan mereka. Paling parah, bisa bikin gebetan kamu ilfeel!

2. Ketika sedang mengendarai kendaraan bermotor

Wah ini bahaya! Iya bahaya, tapi masih banyak lho orang yang melakukannya. Apalagi pada saat terjebak kemacetan. Daripada bosan, mendingan buka gadget dan lihat update-an di Twitter, Facebook, Path, ataupun Instagram. Sebenarnya hal ini sangat berbahaya dilakukan karena dapat menghilangkan konsentrasi kita pada saat menyetir. Sebab, jika mata sudah tertuju pada layar gadget, kepekaan pada lingkungan sekitar kendaraan kita akan berkurang. Yang ada kamu malah nanti diklaksonin orang belakang. Lebih bahayanya lagi, hal ini juga dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

3. Ketika sedang ingin melaksanakan ibadah

Saat ini jika penulis perhatikan, banyak sekali orang yang suka memamerkan ibadah yang mereka lakukan. Contohnya,  para cowo-cowo biasanya mereka update status ketika sedang ingin melakukan ibadah Sholat Jumat. Atau, banyak juga yang update ketika mereka sedang berada di Masjid dan melakukan pengajian bersama teman-teman. Di dalam Islam, hal ini disebut dengan Riya’, yakni melakukan suatu amalan agar orang lain bisa melihatnya kemudian memuji. Ibadah yang masuk ke dalam golongan Riya’ tidak akan mendapatkan pahala, malah berujung pada dosa. Walaupun niat kita baik (untuk mengingatkan orang lain beribadah), tapi biasanya niat untuk update status mengenai ibadah akan berujung pada Riya’. Untuk agama lain penulis kurang mengetahuinya, apakah ada hal semacam ini?

4. Ketika sedang berada di bank

Ini juga salah satu momen yang sebaiknya tidak dipamerkan di media sosial. Mengapa? Saat ini banyak penjahat yang memanfaatkan teknologi untuk mencari korbannya. Salah satunya adalah para perampok. Jika kamu melakukan update status sedang berada di bank, maka berhati-hatilah. Kemungkinan kamu akan menjadi incaran perampok. Karena di dalam pemikiran mereka, kamu baru saja melakukan sebuah transaksi ataupun mengambil sejumlah uang dan pastinya kamu membawa uang tersebut, baik di dalam dompet, amplop, maupun di dalam buku tabunganmu. Berhati-hatilah di dalam perjalanan pulang setelah keluar dari bank.

Nah gadgeteers, itulah beberapa momen yang sebaiknya kamu tidak pamerkan di media sosial. Bermain media sosial memang mengasyikkan, namun kamu jangan lupa bahwa apa yang kamu lakukan di media sosial tersebut dapat berdampak terhadap kehidupanmu di dunia yang sebenarnya 😉

Gambar via athgo.org

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.
Product Admin/Content Editor at tokopedia.com. Casual gamer | tech-writer @gadgetgaul | gadget enthusiast. Follow me on Twitter @juarazr